Kamis, Juli 25, 2024
BerandaHANKAMPEMBINAAN LINGKUNGAN HIDUP, KODIM SUMBA BARAT GELAR PENGHIJAUAN DI SEKITAR POMPA HIDRAM

PEMBINAAN LINGKUNGAN HIDUP, KODIM SUMBA BARAT GELAR PENGHIJAUAN DI SEKITAR POMPA HIDRAM

Sumba Barat, “TABLOIDNUSANTARA” – Kodim 1613/Sumba Barat menggelar kegiatan program pembinaan lingkungan hidup khususnya dalam kegiatan penghijauan, dengan melibatkan Pemerintah Desa, Karang Taruna dan elemen masyarakat di Dusun 2 Desa Doka Kaka, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, pada Jumat (26/8/2022).

Kegiatan diawali dengan tatap muka Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi, S.Hub.Int., bersama Camat Loli, Kades dan masyarakat Desa Doka Kaka, serta dihadiri oleh Danramil 1613-01/Loli, Pasiter dan Pjs Pasipers Kodim 1613/SB, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim menyampaikan bahwa penyelenggaraan program pembinaan lingkungan hidup ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup khususnya dalam kegiatan penghijauan.

Dengan kegiatan penghijauan ini, selain untuk menjaga ketersediaan air dalam tanah, juga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor.

“Untuk itu, kepada eluruh elemen masyarakat, mari bersama-sama menjaga dan merawat serta melestarikan hutan dan lahan, salah satunya dengan cara tidak membakar hutan dan lahan, sehingga dapat bermanfaat bagi anak cucu kita,” ujar Dandim.

Dandim juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan pekarangan maupun lahan kosong untuk ditanami kelor, karena tanaman marungga ini memiliki gizi yang baik untuk kebutuhan nutrisi keluarga, serta bisa dijual untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya harapkan aparat desa bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersinergi beserta masyarakat, tetap semangat dalam membangun desa, sehingga masyarakat Sumba Barat khususnya Doka Kaka ini semakin maju dan sejahtera,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Doka Kaka Yosep Lede yang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kodim 1613/Sumba Barat, karena sudah memberikan bantuan berupa Pompa Hidram bagi warga Desa Doka Kaka, khususnya di Dusun 1 dan 2, serta sangat peduli lingkungan dengan melalukan penghijauan di Desa Doka Kaka.

“Kami warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1613/Sumba Barat, yang telah memberikan bantuan pompa hidram di desa kami, untuk memudahkan warga dalam mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Loli Samuel B.W. Male, S.Sos., juga menambahkan, “saya mengimbau kepada masyarakat, untuk satu keluarga minimal menanam lima batang pohon kelor di pekarangan rumah masing-masing, selain untuk gizi keluarga juga dapat dijual untuk menambah pendapatan warga,” pungkasnya.

Penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup Kodim 1613/Sumba Barat dilaksanakan dengan berupa penanaman pohon di sekitar pembuatan Pompa Hidram bantuan Kodam IX/Udayana, khususnya yang berada di Desa Doka Kaka Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat. (Kodim 1613/Sumba Barat)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments