MENGHORMATI PERJUANGAN RAJA UDAYANA, KODAM IX/UDAYANA GELAR ACARA MATUR PIUNANG - https://tabloidnusantara.com/

MENGHORMATI PERJUANGAN RAJA UDAYANA, KODAM IX/UDAYANA GELAR ACARA MATUR PIUNANG

Gianyar, “TABLOIDNUSANTARA” – Acara Matur Piuning di Pura Mengening ini merupakan wujud dari penghormatan kita kepada leluhur yaitu Raja Udayana dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita semua dan segenap Prajurit Kodam IX/Udayana diberikan kekuatan, keselamatan dan pemikiran yang jernih serta suci sehingga mampu mengemban tugas dan pengabdian kepada TNI, masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Pamen Ahli Bidang Ilpengtek dan LH, Kolonel Inf Anak Agung Ngurah Krisna saat acara Matur Piuning di Pura Mengening Tampak Siring, Kabupaten Gianyar dalam rangka peringatan ke-65 HUT Kodam IX/Udayana tahun 2022, pada Rabu (18/5/2022).

Pangdam juga menyampaikan bahwa Bali sangat terkenal dengan objek-objek peninggalan sejarah purbakala seperti peninggalan candi-candi prasada sebagai situs pemujaan terhadap figur Raja Udayana yang pernah memerintah Bali pada abad ke-12. Adapun situs purbakala yang berkaitan dengan peninggalan Raja Udayana adalah Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Candi Tebing Gunung Kawi dan Pura Mengening.

Pura Mengening tergolong bangunan sangat kuno, namun tetap terawat sampai saat ini dan harus terus dijaga kelestariannya agar nilai luhurnya tidak luntur dan tidak dimakan perkembangan zaman. Sehingga oleh Pemprov. Bali menjadi salah satu pura yang diresmikan sebagai warisan cagar budaya.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita semua diingatkan agar selalu menghormati perjuangan para leluhur, dan acara ini juga merupakan momentum bagi kita, serta segenap generasi penerus bangsa untuk menjadikan perjuangan para leluhur sebagai suri tauladan dan pedoman bagi kita semua,” ajak Pangdam.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama dan partisipasi seluruh masyarakat Gianyar yang hadir di Pura Mengening, serta berharap kebersamaan TNI-Rakyat dapat dipelihara dengan baik sebagai kekuatan yang tangguh dalam menjaga keutuhan NKRI terutama di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Pada kesempatan tersebut, Kabintaljarahdam IX/Udayana Kolonel Inf I Gusti Ngurah Wilantara, S.E., M.A.P., yang turut hadir bersama anggota Kodam IX/Udayana dan masyarakat setempat mengatakan acara matur piuning merupakan suatu upacara memohon restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) agar diberi keselamatan.

“Untuk itu, hari ini kita melaksanakan acara Matur Piuning dan semoga rangkaian kegiatan HUT ke-65 Kodam IX/Udayana selalu mendapatkan kelancaran, keselamatan dan kesuksesan,” tutup Kabintaljarahdam. (Pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *