Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaKRIMINALLASKAR MERAH PUTIH PAPUA KUTUK TINDAKAN BIADAB KSTP

LASKAR MERAH PUTIH PAPUA KUTUK TINDAKAN BIADAB KSTP

PAPUA, “tabloidnusantara.com ” – Laskar Merah Putih Provinsi Papua mengutuk tindakan biadab pembunuhan 7 warga di Kabupaten Yahukimo yang dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP). Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih Papua, Jan Christian Arebo meminta aparat penegak hukum tindak tegas para pelaku. “Kami minta aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku pembunuhan 7 warga tersebut,” ujar Jan Christian Arebo melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Papua.com,Jumat (20/10/2023).

Menurutnya, tindakan pembunuhan tersebut sudah tidak dibenarkan dan sangat biadab. “Sehingga harus dapat diproses dan ditindak tegas para pelaku tersebut,” katanya. Christian Arebo menegaskan, KSTP sudah seperti teroris yang mengganggu kenyamanan warga bekerja, sehingga perilaku tersebut tidak dibenarkan. Arebo berharap, para pelaku bisa ditangkap dan ditindak tegas oleh aparat keamanan. “Kami berharap pelakukan dapat diproses hukum sesuai perbuatannya,” tukas Arebo.

Sebelumnya diberitakan, KSTP menyerang lokasi penambangan di Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (16/10/2023). Akibat penyerangan tersebut, sebanyak tujuh orang tewas. Tujuh orang korban tewas itu ialah Udin, Maun, Ardi, Hendra, Anju, Appe, dan Siger.

READ ALSO : BANTAH KLAIM TPNPB, TNI YAKINKAN KORBAN TEWAS PENDULANG EMAS BUKAN INTELIJEN

Satgas Damai Cartenz menerjunkan personelnya untuk mengevakuasi korban penembakan KSTP, baik korban selamat maupun korban meninggal dunia. (dok : detik.com)

Pasca kejadian penembakan dan pembunuhan warga oleh KSTP di Kali I Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada Senin, 16/10/2023. Satgas Damai Cartenz menerjunkan personelnya untuk mengevakuasi korban penembakan KSTP, baik korban selamat maupun korban meninggal dunia (Selasa, 17/10/2023). Kegiatan penyelamatan dan evakuasi ini melibatkan 42 personel gabungan Satgas Damai Cartenz, Brimobda Papua dan Polres Yahukimo.

Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani mengungkapkan Tim Gabungan Satgas Ops Damai Cartenz sempat mendapat gangguan tembakan dari KSTP. “Setibanya di TKP, mendapat gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak selama 1 jam 30 menit” ujarnya. Faizal menyampaikan, Tim gabungan berhasil mengevakuasi 11 warga selamat dan 7 warga yang meninggal dunia.

READ ALSO : PASCA SERANGAN KSTP, APARAT KEAMANAN LANJUTKAN EVAKUASI DI PERTAMBANGAN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments