Senin, Mei 27, 2024
BerandaKRIMINALLAGI-LAGI ULAH KKB, DALANG DIBALIK PENEMBAKAN PESAWAT SMART AIR

LAGI-LAGI ULAH KKB, DALANG DIBALIK PENEMBAKAN PESAWAT SMART AIR

PAPUA “tabloidnusantara.com” ~ Dalang dibalik penembakan pesawat Smart Air di lapangan terbang Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (18/7/2023) lalu diduga KKB pimpinan Keny Tipagau. Dugaan tersebut disampaikan oleh Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani.

Ramdani menyatakan  bahwa Keny Tipagau merupakan bagian dari kelompok separatis yang bergabung dalam kelompok KKB Undius Waker yang sering melakukan teror di wilayah Kabupaten Intan Jaya. “Itu kelompoknya Keny Tipagau. Dia (Keny Tipagau) bagian dari kelompoknya Undius Waker,” kata Faizal melalui sambungan telepon, Selasa (18/7/2023).

READ ALSO  : TNI BANTAH ISU PENAMBAHAN PASUKAN KE PAPUA

Sebelumnya telah diberitakan bahwa KKB kembali melakukan aksinya dengan menembak pesawat Smart Air yang hendak mendarat di lapangan terbang Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (18/7/2023). Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Donny Charles Go membenarkan insiden tersebut yang terjadi pada pukul 08.30 WIT. “Benar, (penembakan) hari ini sekitar jam 08.30 WIT saat mau mendarat, kemudian ditembak lagi saat mau terbang,” kata Donny kepada wartawan, Selasa (18/7/2023), dilansir Tribunnews.com.

Donny menyebut tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut. Kini, pesawat sudah kembali ke daerah Sugapa, Papua Tengah dengan selamat. “Tidak ada korban jiwa, dan pesawat sudah kembali dengan selamat di Sugapa. Ada beberapa penumpang, semua diturunkan di Homeyo,” jelasnya. Saat ini, aparat keamanan masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

READ ALSO  : KEPASTIAN KONDISI PILOT SUSI AIR YANG SUDAH DISANDERA LEBIH DARI 5 BULAN

Sebelumnya, KKB juga melakukan pencurian senjata api jenis SS1 milik Kepolisian Sektor (Polsek) Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah, Sabtu (15/7/2023) petang sekitar pukul 18.00 WIT. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan, selain mencuri senpi, KKB juga melakukan penyerangan ke Polsek Homeyo sehari setelahnya. Dari informasi yang didapat  personel Satgas Damai Cartenz sudah tiba di Homeyo untuk mengendalikan situasi keamanan.

Wakapolda Papua Brigjen Ramdani Hidayat juga membenarkan insiden ini. “Memang benar ada laporan terkait pesawat Smart Air ditembak KKB,” ujar Wakapolda Papua Brigjen Ramdani Hidayat. Dari hasil sementara investigasi dipastikan bahwa ada satu peluru yang bersarang di sayap bagian kiri, penerbangan tetap dilakukan hingga pesawat Smart Air berhasil mendarat dengan selamat di Nabire.

READ ALSO  : KONFLIK KENYAM NDUGA BERAKHIR DENGAN 10 POIN KOMITMEN PERDAMAIAN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments