Minggu, April 21, 2024
BerandaKRIMINALKSTP PIMPINAN TITUS MURIB DALANG PEMBAKARAN PERUMAHAN NAKES RSUD ILAGA

KSTP PIMPINAN TITUS MURIB DALANG PEMBAKARAN PERUMAHAN NAKES RSUD ILAGA

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Titus Murib diduga dalang dari aksi pembakaran terhadap perumahan tenaga kesehatan (Nakes) yang terletak di kompleks RSUD Ilaga, Kampung Kibologome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Senin 11 September 2023.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kasus tersebut sedang ditangani Polres Puncak. Yang mana, Titus Murib yang merupakan salah satu pimpinan KSTP di Kabupaten Puncak, diduga kuat sebagai dalang dibalik peristiwa itu.

READ ALSO : RENCANAKAN SERANG APARAT, ANGGOTA KSTP MATIANUS MARSANI DITANGKAP TNI

Kabid Humas menerangkan, berawal ketika asap hitam muncul dari arah kompleks RSUD Ilaga yang terlihat dari Pasar Tradisional Ilaga pada pukul 12.47 WIT. Personel gabungan TNI-Polri meresponnya dengan melakukan pemantauan dari kejauhan.  Kemudian dipimpin Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, personel gabungan langsung menuju lokasi kejadian menggunakan kendaraan.

“Ketika personel tiba di TKP pada pukul 13.03 WIT, terpantau dua orang yang diduga merupakan anggota KSTP Puncak melarikan diri dari RSUD Ilaga menuju Bukit Teletubies, dan selanjutnya ke Kampung Eromaga. Namun, upaya pengejaran oleh aparat keamanan belum membuahkan hasil,” terang Kabid Humas, Kamis (14/9/2023).

Akibat aksi pembakaran ini, empat bangunan perumahan nakes RSUD Ilaga mengalami kerusakan parah dengan perkiraan kerugian mencapai Rp1 miliar. (dok : mediapolri)

READ ALSO : DUKUNG TEGASNYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KST PAPUA

Akibat aksi pembakaran ini, empat bangunan perumahan nakes RSUD Ilaga mengalami kerusakan parah dengan perkiraan kerugian mencapai Rp1 miliar. Pembakaran perumahan untuk tenaga kesehatan (Nakes) tidak hanya merugikan secara materiil saja, namun juga imateriil.

Perumahan nakes RSUD Ilaga dibangun untuk  menyediakan perumahan bagi nakes agar aman dan tenang, sehingga konsentrasi bisa dengan sepenuhnya demi bisa membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan seluruh masyarakat di Papua sendiri.

Peristiwa pembakaran itu merupakan sebuah hal yang sangat ironi, karena sebenarnya di tengah semangat dari berbagai pihak dan berbagai kalangan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mensukseskan percepatan pembangunan di Papua justru dirusak oleh gerombolan tak bertanggungjawab dengan nama KSTP.

“Kejadian ini menggambarkan eksistensi kelompok KSTP Puncak yang masih terus melakukan tindakan kekerasan dan teror terhadap aparat keamanan, pemerintah, dan masyarakat kabupaten Puncak,” kata Benny.

Aparat keamanan setempat terus melakukan pendalaman terkait aksi pembakaran ini, guna mengungkap para pelaku serta mengambil langkah-langkah lebih lanjut. Sebagai upaya menjaga kondusifitas, aparat gabungan juga melakukan patroli rutin di seputaran kota Ilaga.

READ ALSO : MASALAH PAPUA TANGGUNG JAWAB BERSAMA DAN DISELESAIKAN SECARA TERPADU

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments