Minggu, April 14, 2024
BerandaHOMEKOMNAS HAM PAPUA : LEBIH 3 BULAN SANDERA PILOT SUSI AIR, KKB...

KOMNAS HAM PAPUA : LEBIH 3 BULAN SANDERA PILOT SUSI AIR, KKB LAKUKAN PELANGGARAN HAM

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Empat bulan sudah pilot Susi Air Kapten Philip Mehrtens disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Proses upaya pembebasan saat ini masih terus dilakukan aparat keamanan bersama pemerintah daerah setempat serta tokoh masyarakat. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, salah satu kendala dan berlarutnya pembebasan karena tak dibukanya ruang komunikasi.

“KKB Egianus ini susah untuk berkomunikasi sehingga proses upaya pembebasan ini berlangsung alot hingga berlarut-larut,” ujarnya, Jumat (9/6/2023). Kendati demikian, dia menegaskan proses penyelamatan tetap mengedepankan jalan negosiasi dan dialog. “Kami aparat keamanan bersama Pemerintah Daerah Nduga dan tokoh masyarakat tetap kedepankan negosiasi,” katanya.

READ ALSO : KKB PAPUA DIDUGA PAKAI DANA DESA UNTUK BELI SENJATA DAN MAKANAN

Menurutnya selain pemda dan TNI Polri, negosiasi juga dilakukan kombatan OPM serta beberapa tokoh gereja serta pemuda di daerah setempat yang terus menyuarakan agar Egianus Kogoya membebaskan Pilot Susi Air.

Sementara itu Komnas HAM Papua mengatakan, proses pembebasan pilot Susi Air, Philip Max Mehrtens, yang disandera KKB Teroris hingga kini masih terus dilakukan. Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frists Ramanday mengatakan berbagai upaya terus dilakukan untuk membebaskan warga negara Selandia Baru itu yang sudah hampir empat bulan sejak ditawan pada tanggal 7 Februari lalu.

“Memang sudah cukup lama sehingga pihaknya mengkhawatirkan kondisi fisik maupun psikis sandera,” kata Frits Ramanday dilansir Antara, Kamis (25/5/2023). “Komnas HAM akan berupaya membantu agar proses pembebasan yang saat ini sedang berlangsung dapat segera terwujud,”sambungnya.

READ ALSO : LIMA LANGKAH SEDERHANA YANG BISA MEMBANTU DALAM MENGIDENTIFIKASI BERITA HOAX

Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua itu mengatakan waktu penyanderaan yang sudah lebih dari tiga bulan itu sudah melanggar HAM. “Ini waktu yang sangat lama sehingga Komnas HAM mendorong agar KKB pimpinan Egianus Kogoya segera menunjuk siapa negosiator di tingkat lokal agar proses negosiasi dapat berjalan sehingga pilot Philip Mark Mehrtens dibebaskan,” terangnya.

Komnas HAM kata dia juga aktif komunikasi dengan semua komponen dan beberapa pesan kemanusiaan sudah dikirim ke Egianus Kogoya. “TNI dan Polri juga sudah mulai mengubah pendekatan sehingga upaya negosiasi itu cepat dilakukan,”tutup Frits Ramanday.

Sebelumnya beredar vidio viral KKB Egianus Kogoya mengancam akan mengeksekusi pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut dalam jangka waktu 2 bulan jika permintaan mereka tidak disetujui pemerintah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments