Jumat, Maret 1, 2024
BerandaHANKAMKKN DI DESA BENA, MAHASISWA UNDANA DIDAMPINGI BABINSA ATASI STUNTING

KKN DI DESA BENA, MAHASISWA UNDANA DIDAMPINGI BABINSA ATASI STUNTING

TTS, “TABLOIDNUSANTARA” – Babinsa Koramil 1621-05/Panite Serda Bonevasius Suha melaksanakan Pendampingan Mahasiswa Undana dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus monitoring dan konvergensi pencegahan stunting yang dilaksanakan di Posyandu 01, Dusun 1 Desa Bena, Kecamatan Abansel, pada Sabtu (11/06/2022).

Dalam pendampingan tersebut, salah satu Mahasiswa Undana Yoldifan Sanggul menjelaskan bahwa stunting itu sendiri berarti keadaan tubuh yang sangat pendek, atau dalam bahasa jawa disebut kuntet.

“Stunting dapat terjadi sebagai akibat kekurangan gizi. Salah satu mencegah stunting adalah pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil,” jelasnya.

Upaya ini sangat diperlukan, mengingat stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa. Anak stunting penyebab utamanya asupan gizi. Masyarakat, umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi faktor keturunan.

“Itu pemahaman yang keliru, kerap menghambat sosialisasi pencegahan stunting yang semestinya dilakukan dengan upaya mencukupi kebutuhan gizi sejak anak dalam kandungan hingga usia dua tahun,” tukasnya.

Sementara itu, Serda Bonevasius Suhardi mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan KKN Mahasiswa Undana tentang sosialisasi stunting.

“Hal ini sangat penting karena dengan adanya sosialisasi ini masyarakat menjadi tahu akan pentingnya pemberian asupan gizi yang baik untuk balita, salah satu fungsinya adalah dapat mencegah terjadinya stunting,” pungkasnya. (Kodim 1621/TTS)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments