Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaHANKAMKKB LUMPUH, TNI-POLRI SITA BARANG PENTING TERCECER MILIK KKB PAPUA

KKB LUMPUH, TNI-POLRI SITA BARANG PENTING TERCECER MILIK KKB PAPUA

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Pilot Susi Air belum bisa diselamatkan, tapi TNI-Polri selama pencarian posisi pilot yang disandera gerombola Egianus Kogoya sukses menemukan barang-barang penting milik KKB termasuk senjata dan amunisi. Tak hanya itu, alat-alat komunikasi juga sukses disita dari Kelompok Kriminal Bersenjata. (KKB). Berkurangnya senjata dan peralatan KKB dimungkinkan melumpuhkan aksi perlawanan mereka yang selama ini meresahkan dan bahkan menimbulkan korban jiwa baik aparat keamanan maupun warga sipil.

Barang-barang itu ditemukan selama proses pengejaran KKB yang kabur ke hutan membawa pilot Philip Mark Mehrtens. Diperkirakan barang-barang ini tercecer dan tak dapat dibawa saat KKB berlarian menyelamatkan diri dari kejaran TNI-Polri.
Temuan beberapa alat penting yang ditinggalkan KKB ini, diungkap Pangdam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI M Saleh Mustafa seperti alat komunikasi yang bentuknya beragam meliputi handphone, HT radio SSB dan lainnya.

READ ALSO : SIKAP SUKUISME BERPOTENSI TIMBULKAN KONFLIK SOSIAL

Tim Damai Cartenz menyita peralatan KKB pimpinan Egianus Kogoya di Yutpul, Nduga. (news.detik.com)

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa Satgas Damai Cartenz yang beroperasi selama lebih kurang 4 bulan telah menyita Ratusan amunisi dan senjata KKB Papua Bahkan, TNI-Polri juga menangkap 13 anggota KKB Papua beserta 13 pucuk senjata api dan 710 amunisi berbagai kaliber dari tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Enam dari 13 pucuk senjata api it disita dari KKB pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Sementara, empat pucuk dari Kabupaten Jayapura, dua pucuk dari Kabupaten Puncak, dan satu dari Kabupaten Jayapura,” kata Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura.

READ ALSO : KKB LUMPUH, TNI-POLRI SITA BARANG PENTING TERCECER MILIK KKB PAPUA

Selain itu Satgas Damai Cartenz juga menyita 16 buah magasin dan 136 senjata tajam serta alat komunikasi berupa 76 unit ponsel, 23 handy talky (HT) dan empat unit radio SSB. Dalam operasinya yang dilakukan secara terus menerus Satgas TNI-Polri juga berhasil menyita 7 buah kamera dan teropong, 4 buah laptop dan 4 buah bendera Bintang Kejora.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments