Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHANKAMKENALI SEJARAH, DANDIM 1622/ALOR KUNJUNGI MASJID TERTUA DI ALOR

KENALI SEJARAH, DANDIM 1622/ALOR KUNJUNGI MASJID TERTUA DI ALOR

Alor, “TABLOIDNUSANTARA” – Salah satu situs yang berada di wilayah Kabupaten Alor adalah Masjid tertua yaitu Masjid At Taqwa, yang tepatnya berada di Kampung Lerabain, Desa Wakapsir, Kecamatan Abad Selatan, Kabupaten Alor, NTT.

Sebagai Aparat Komando kewilayahan, Komandan Kodim (Dandim) 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, S.H., didampingi Perwira Seksi Operasi Letda Inf Umbu Neka berkesempatan mengunjungi situs Masjid At Taqwa, pada Sabtu (3/9/2022).

Selain ingin melihat langsung objek situs bersejarah tersebut, Dandim 1622/Alor juga melakukan silaturahmi dengan Imam Masjid At Taqwa Bapak Mostofa, tokoh masyarakat, dan beberapa masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Mustofa menceritakan secara langsung sejarah berdirinya masjid At Taqwa sampai dengan kondisi terakhir setelah masjid tersebut direnovasi pada bagian atapnya.

Adapun Masjid tertua tersebut berarsitektur khas Ternate dari tahun 1633 silam karena kasultanan Tidore yang menyebarkan Islam di NTT. Masjid At Taqwa dibangun dengan fondasi tiang tanpa disambung paku atau pen kayu.

“Masjid ini menjadi saksi penyebaran Islam di Alor oleh keturunan Kesultanan Ternate, seperti Kimles Gogo yang pertama kali mengislamkan penduduk Lerabain,” jelas Imam Masjid At Taqwa tersebut.

Selain bertanya mengenai situs tersebut, Letkol Inf Amir Syarifudin juga menanyakan kendala masyarakat Desa Lerabain dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai masukan kepada Pemerintah Daerah untuk pembangunan di wilayah Kabupaten Alor. (Kodim 1622/Alor)

 

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments