Jumat, Juli 12, 2024
BerandaHANKAMKasdam XVII/Cenderawasih Didampingi Waka Polda Secara Resmi Tutup Diklat Kolaborasi Terintegrasi TNI...

Kasdam XVII/Cenderawasih Didampingi Waka Polda Secara Resmi Tutup Diklat Kolaborasi Terintegrasi TNI Polri

 

Jayapura, “tabloidnusantara.com” – Bertempat di Lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua, telah berlangsung Upacara Penutupan Pendidikan Latihan (Diklat) Kolaborasi Terintegrasi TNI Polri yaitu Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktuk BA Polri TA 2022 yang dipimpin langsung oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., didampingi oleh Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H., Jumat (16/12/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya, menjelaskan, bahwa bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., didampingi Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H. Dan kegiatan penutupan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia di 12 SPN dan 1 Pendidikan Polwan.

“Upacara penutupan pendidikan dan pelatihan tersebut ditandai dengan Penanggalan Tanda Pendidikan dan Pelatihan,  kemudian dilanjutkan dengan Penanggalan tanda peserta Siswa Dikmaba TNI dan Siswa Diktuk Bintara Polri TA 2022,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih.

READ ALSO : Kasdam IX/Udayana Bersama Wakapolda Bali Tutup Diklat Kolaborasi Integrasi Siswa TNI AD dan Polri

Sementara itu, dalam amanatnya Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, MA, yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., mengucapkan selamat kepada Bintara Siswa  yang telah berhasil menyelesaikan kegiatan tersebut dengan baik.

“TNI dan Polri merupakan dua institusi yang sangat strategis milik bangsa dan masyarakat Indonesia. Selama ini negara dan masyarakat telah mempercayakan berbagai tugas di pundak prajurit TNI Polri, dan telah menunjukkan profesionalismenya dalam mengemban tugas, mulai dari tugas di daerah perbatasan, penanggulangan terorisme, misi kemanusiaan dalam bencana alam serta membantu masyarakat yang terpapar Covid-19,” jelas Kasdam XVII/Cenderawasih.

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., didampingi oleh Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H. saat menutup Diklat Kolaborasi Terintegrasi TNI Polri

“Dengan terselenggaranya kegiatan Kolaborasi Integrasi dan terbentuknya ikatan keluarga asuh diantara Bintara Siswa, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas, soliditas, kesetiakawanan, membuka wawasan dan nilai positif di antara para Bintara TNI dan Polri.

“Sinergitas yang dibangun dengan rangkaian kegiatan selama pelaksanaan Kolaborasi Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri TA 2022 mampu menggambarkan kemanunggalan TNI Polri dan rakyat. Selain itu diharapkan para Bintara nantinya dapat membangun kerja sama yang baik, komunikasi, koordinasi dan Kolaborasi dengan seluruh komponen bangsa,” ungkap Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.

Di tempat yang sama Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H., membacakan amanatnya Kepala Lemdiklat Polri, Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si mengatakan kegiatan Pendidikan Kolaborasi Terintegrasi merupakan sarana untuk lebih mempererat lagi sinergitas dan soliditas antara TNI Polri yang sudah terjalin selama ini.

“Pendidikan dan pelatihan integrasi TNI dan Polri memberikan pengaruh besar terhadap kualitas hasil didik TNI-Polri sebagai abdi negara dalam menjaga seluruh tumpah darah dan keutuhan NKRI, menjamin terwujudnya pembangunan nasional serta cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia,” pungkas Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H.

“Kebersamaan antar peserta didik yang terjalin dalam waktu singkat selama 5 (Lima) hari, dari tanggal 12 s.d 16 Desember 2022 di 13 Satdik Polri, 11 Satdik TNI AD dan 1 Satdik TNI AL, diharapkan dapat berlanjut hingga para peserta didik bertugas di kesatuan masing-masing.

Menjalin hubungan melalui berbagai kegiatan dengan tetap menjaga kekompakan, ikatan kebersamaan dan persaudaraan.”Jadilah prajurit TNI dan insan Bhayangkara yang selalu menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pedomani pengenalan doktrin dan fungsi Matra yang telah diberikan pada saat Diklat Integrasi TNI-Polri ini.

READ ALSO : Bersama Forkopimda, Dandim 1709/Yawa Kunjungi Korban Penembakan KST Di Yapen

Pedomani mekanisme perbantuan TNI kepada Polri dan perbantuan Polri kepada TNI. Pedomani tata cara operasi bersama TNI Polri.”Jaga kehormatan pribadi dan institusi TNI Polri, dan tetap jaga sinergitas dan soliditas TNI Polri ini melalui kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral dalam menjaga dan menjamin proses pembangunan nasional,k stabilitas keamanan serta keutuhan NKRI.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas semangat, dedikasi dan motivasi yang telah ditunjukkan oleh seluruh Kasatdik, para Gadik, Instruktur, pengasuh dalam memberikan yang terbaik dengan penuh semangat dan iklhas kepada peserta Diklat Integrasi TNI Polri,” ungkap Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H.

“Terima kasih pula kepada para Panglima Komando Daerah dan para Kapolda yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan Diklat Integrasi TNI-Polri ini. Kepada para peserta didik dan para pendamping yang akan kembali ke kesatuan agar selalu menjaga protokol kesehatan, keamanan dan keselamatan, semoga selamat sampai tujuan dan sampaikan salam saya kepada Pimpinan di masing-masing kesatuan,” tutup Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments