Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHANKAMHASIL NEGOISASI PJ BUPATI NDUGA DENGAN KKB, PENTING UNTUK SELAMATKAN PILOT SUSI...

HASIL NEGOISASI PJ BUPATI NDUGA DENGAN KKB, PENTING UNTUK SELAMATKAN PILOT SUSI AIR

PAPUA “tabloidnusantara.com” ~ Penjabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge dikabarkan bertemu dengan pimpinan KKB Egianus Kogoya. Namun, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengaku belum mendapat laporan soal pertemuan itu. “Memang beberapa waktu yang lalu ada rencana Penjabat Bupati Nduga akan bertemu Egianus guna membantu proses pembebasan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru. Tetapi, hingga kini belum ada laporan apakah rencana tersebut sudah dilakukan atau belum,” kata Irjen Fakhiri di Jayapura, Senin.

Dia mengatakan hingga kini pihaknya masih terus mendorong upaya negosiasi guna membebaskan pilot Susi Air. Karena itu, pihaknya berharap agar Pj Bupati Nduga dapat membantu mempercepat proses pembebasan sandera. “Mudah-mudahan pertemuan itu dapat segera dilaksanakan untuk diketahui hasilnya,” kata Fakhiri. Selain mendorong negosiasi, kata Fakhiri, pihaknya bersama TNI terus melakukan pencarian agar pilot Philip Mark Mehrtens dapat segera dibebaskan. “Berbagai upaya terus dilakukan agar pilot Susi Air yang ditawan sejak tanggal 7 Pebruari lalu dapat segera dibebaskan,” harap Kapolda Irjen Pol Fakhiri.

READ ALSO : TNI TEGASKAN TAK GUNAKAN CARA MILITER BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Sementara itu Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa aparat mempercayakan negosiasi pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, lewat Penjabat (Pj) Bupati Nduga. Ia menyebut Pj Bupati Nduga telah menyanggupi untuk bernegosiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera Philip. “Pj Bupati Nduga masih sanggup dan beliau saat ini masih melakukan negosiasi, kita tunggu, karena memang Pak Bupati meminta kami melalui Pangdam, tolong TNI, kami dulu yang melaksanakan negosiasi’,” kata Yudo di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/7).

Alasan kesehatan pilot inilah yang mendorong TNI/Polri meminta segera pilot dibebaskan.

Kepada Waki Presiden KH Ma’ruf Amin sebelumnya saat kunjungan kerja ke Papua, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melaporkan perkembangan negosiasi Pemerintah dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dalam upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Merthens . Yudo menyampaikan, proses negosiasi saat ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge.

READ ALSO : ANTISIPASI SERANGAN KKB, TNI/POLRI GESER PERSONEL DAN LAKUKAN SIAGA TEMPUR DI HOMEYO

Yudo menyebut hingga saat ini memercayakan proses negosiasi tersebut kepada Pj Bupati Nduga. Dalam proses negosiasi ini juga kata Yudo, aparat keamanan juga mengutamakan jalan damai demi keselamatan seluruh pihak. “Kita tetap mengutamakan keselamatan pilot maupun masyarakat di sekitar itu. Jangan sampai menjadi korban sehingga kita tetap ajukan negosiasi yang damai, sehingga situasi sekarang kami, Pangdam, Pangko Armada 3 monitor yang dilaksanakan Pj Bupati Nduga,” ujarnya.

Yudo juga melaporkan situasi keamanan saat ini relatif kondusif, kecuali di Kabupaten Nduga. Jika dalam proses negosiasi tersebut terdapat permintaan dari KKB untuk tebusan, Pemerintahkan akan menyiapkannya.

READ ALSO : PANGLIMA TNI: SITUASI DI DOGIYAI PAPUA TENGAH SUDAH KONDUSIF

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments