Jumat, Juli 12, 2024
BerandaHANKAMHARI KESIAPSIAGAAN BENCANA, KODIM 1619/TABANAN GELAR SIMULASI

HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA, KODIM 1619/TABANAN GELAR SIMULASI

Tabanan, “TABLOIDNUSANTARA” – Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga penting untuk melatih dan meningkatkan kesiapsiagaan didalam mengantisipasi bencana.

Demikian dikatakan Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka saat memimpin Apel Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diikuti oleh seluruh personel Kodim 1619/Tabanan di Makodim 1619/Tabanan, pada selasa (26/4/2022).

Menurut Kasdim, kegiatan Simulasi yang akan dilaksanakan usai apel nanti, sesuai dengan Surat Sekda Provinsi Bali dan perintah Komando atas tentang ketentuan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April.

“Setiap kegiatan kesiapsiagaan bencana juga telah menjadi protap (prosedur tetap) satuan Kodim 1619/Tabanan, sehingga kegiatan simulasi ini bukan hanya sekedar formalitas saja, namun benar-benar dilatihkan sesuai protap,” imbuhnya.

Kasdim berharap dengan dilaksanakannya Simulasi Kesiapsiagaan Bencana ini, seluruh personel Kodim 1619/Tabanan dapat mengerti dan memahami tugas-tugasnya masing-masing dalam menghadapai bencana alam untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh bencana alam di wilayah Kodim 1619/Tabanan.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana yang dikoordinir oleh Perwira Seksi Operasi Kapten Kav Haryanto dan diikuti oleh seluruh personel Kodim 1619/Tabanan, baik Militer maupun PNS.

Simulasi dimulai dengan tahap persiapan, pengecekan personel dan materiil alat peralatan kelengkapan simulasi, serta penyampaian paparan mekanisme dan teknis simulasi oleh Kasdim dan Pasiops.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan simulasi yang ditandai dengan bunyi lonceng dan sirine sebagai tanda bahaya terjadinya bencana alam gempa bumi.

Dalam simulasi tersebut, seluruh personel diskenariokan sedang melaksanakan aktifitas tugas masing-masing, namun setelah mendengar tanda bahaya langsung bertindak sesuai dengan prosedur dan menyelamatkan diri menuju ke titik berkumpul yang telah ditentukan.

Di tahap akhir, selanjutnya melaksanakan pengecekan personel di titik berkumpul, termasuk materiil yang harus amankan. (Kodim 1619/Tabanan)

 

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments