Rabu, Mei 29, 2024
BerandaEKONOMIBUPATI KLATEN APRESIASI UPAYA BUMDES JABUNG KEMBANGKAN PERTANIAN HORTIKULTURA

BUPATI KLATEN APRESIASI UPAYA BUMDES JABUNG KEMBANGKAN PERTANIAN HORTIKULTURA

KLATEN, “TABLOIDNUSANTARA.COM” – Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengapresiasi Pertanian hortikultura yang diinisiasi petani muda desa setempat dan dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jabung, Kecamatan Gantiwarno.

Direktur Bumdes Jabung Makmur Robertus Hendri Aryo Nugroho menyampaikan, budidaya tanaman hortikultura yang dikembangkan BUMDes Jabung tersebut, memanfaatkan tanah kas desa setempat seluas 70 hektare.

“Dimana Dari lahan seluas 70 hektare tersebut, dua hektare lahan ditanami 12.000 batang cabai, yang dapat dipanen dua kali dalam sehari selama 1,5 tahun.

“Hasil panen cabai dijual melalui sistem lelang. Dengan sistem lelang, harga hasil panen cabai bisa mencapai harga tertinggi dan lebih stabil,” katanya, saat memberikan penjelasan kepada Bupati Klaten yang meninjau langsung panen cabai di lahan yang dikembangkan BUMDes Jabung, Senin (7/3/2022).

BACA JUGA :

INDONESIA AKAN TINGKATKAN PRODUKSI TEMBAGA

Dalam perkembangannya, bukan hanya tanaman cabai yang dibudidayakan, terdapat tanaman buah yang turut dikembangkan. Menurut Hendri, budidaya hortikultura yang menjadi fokus usaha BUMDes Jabung digawangi oleh petani-petani muda desa setempat. Pihaknya sengaja menggandeng generasi milenial untuk mengembangkan usaha pertanian agar semakin banyak pemuda yang tertarik di bidang pertanian.

“Selain itu, budidaya hortikultura dipilih bukan hanya sebagai kegiatan usaha, namun juga untuk merawat lahan pertanian di Desa Jabung. Saya berharap semoga kegiatan tersebut dapat memotivasi daerah lain untuk memanfaatkan lahan desanya menjadi lahan pertanian,” paparnya.

Bupati Sri Mulyani memetik cabe. (Foto : Sri Warsiti)

Bupati Klaten Sri Mulyani, mengapresiasi pilihan BUMDes Jabung yang berfokus pada usaha pertanian dibandingkan bidang usaha lainnya. Menurutnya Pemkab Klaten akan memberikan dukungan penuh agar usaha di bidang pertanian dapat terus dikembangkan. Selain itu, keterlibatan petani milenial dalam usaha yang dirintis BUMDes Jabung, layak menjadi perhatian dan contoh bagi BUMDes di desa lain yang memiliki potensi pertanian.

BACA JUGA :

PANDUAN TATA CARA PENUMPANG ISI E-HAC SEBELUM KEBERANGKATAN

“Saya berharap semoga budidaya hortikultura ini dapat menumbuhkan ekonomi baru di wilayah, serta menarik para petani milineal untuk bergerak bersama memajukan dan memanfaatkan, memproduktifkan lahan-lahan yang ada,” ungkapnya./ang/Kominfo

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments