Jumat, April 19, 2024
BerandaHANKAMBudidayakan Bambu Hitam yang Hampir Punah, Dandim 1621/TTS Apresiasi Inisiatif Koramil Abanteng

Budidayakan Bambu Hitam yang Hampir Punah, Dandim 1621/TTS Apresiasi Inisiatif Koramil Abanteng

TTS – Dandim 1621/TTS Letkol Inf Sobirin, S.Ag., M.Si., mengapresiasi kinerja sekaligus Inisiatif Danramil 1621-02/Amanuban Tengah dalam membudidaya Bambu Hitam, milik Bapak Nedy Tasoin, warga desa Nobi-Nobi dan Bapak Feto Nope warga Kelurahan Niki-Niki, Kecamatan Abanteng, Kabupaten TTS, pada Selasa (14/2/2023).

Bambu Hitam yang nama latinnya Gigantochloa Atroviolacea adalah sejenis bambu yang acap dipakai sebagai bahan untuk membuat alat musik, furnitur dan perkakas rumah tangga, ini mungkin sudah sangat langkah di wilayah Timur Indonesia. Sehingga Danramil 1621-02/Abanteng Kapten Inf Gunawan B. Haryanto mengajak anggota Koramil untuk berinisiatif membudidayakan Bambu Hitam untuk mencegah kepunahan.

Danramil 1621-02/Abanteng menyampaikan bahwa inisiatif ini muncul ketika salah satu anggotanya, yakni Serma Apris Mada ingin membuat meja dan kursi menggunakan Bambu Hitam, setelah dicari sudah sulit dan langka, hanya 2 titik rumpun bambu yang di temukan dan tidak terlalu rimbun.

“Kami langsung berinisiatif dan berkoordinasi untuk membudidaya dengan beberapa pihak dan mereka merespon serta mendukung dengan memberikan sedikit pengetahuan mulai dari menyiapkan Polybag, stek ranting bambu hitam, hingga pemasangan waring, serta penyiraman. Saat ini sudah 222 Polybag yang terisi, mudah-mudahan semua berjalan lancar sesuai rencana,” jelasnya.

Sementara, Dandim 1621/TTS sangat berterima kasih dan merasa bangga atas apa yang dilakukan Pak Gunawan dan Anggota, ini sebagai contoh untuk anggota Kodim 1621/TTS yang lain.

“Kita ketahui bersama,bahwa Bambu Hitam ini memang sudah hampir punah, padahal kaya akan manfaat seperti meningkatkan Volume Air, mencegah erosi, menyerap karbondioksida, sebagai obat, dan bisa juga sebagai tempat wisata kalau kita menatanya dengan teratur. Tentunya ini akan membantu perekonomian masyarakat,” demikian pungkas Dandim. (Kodim 1621/TTS)

 

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments