Rabu, Juni 19, 2024
BerandaKRIMINALBEREBUT UANG 200 JUTA, DUA KELOMPOK SIMPATISAN KNPB SALING TUSUK

BEREBUT UANG 200 JUTA, DUA KELOMPOK SIMPATISAN KNPB SALING TUSUK

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Dua kelompok simpatisan KNPB saling tusuk di BTN Purwodadi Sentani Kab. Jayapura pada Jumat, 18/08 siang. Adapun pemicu Konflik ini, adanya dugaan pengambilan uang sebesar Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) oleh salah satu kubu dari kubu lainnya.

Dua orang dari kubu yang ditusuk adalah OK (30) dan TS (27). OK luka di leher, sedangkan TS luka di bahu dan dada sebelah kanan. Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH membenarkan kejadian ini saat dikonfirmasi.

READ ALSO : AKSI TEROR KSTP MERAJALELA, BUPATI PUNCAK MINTA PENINGKATAN KEAMANAN DI WILAYAHNYA

“Kasus ini berawal dari kubu yang sedang syukuran pemindahan kantor sekretariat KNPB di BTN Purwodadi. Tiba-tiba datang kubu lain yang menuduh mereka mengambil uang Rp. 200.000.000,-. Mereka langsung bertengkar dan saling tusuk,” kata Kapolres Jayapura.

Kapolres menambahkan, personilnya segera turun ke TKP dan mengendalikan situasi. Selain dua korban luka tusuk, ada juga kerusakan materiil akibat konflik ini. “Tiga unit rumah rusak, kaca jendela pecah dan perabotan hancur. Empat unit sepeda motor juga rusak, salah satunya terbakar. Korban sudah lapor polisi dan kami masih selidiki kasus ini untuk diproses hukum sesuai undang-undang,” tutup Kapolres Jayapura.

Konflik internal antara simpatisan KNPB ini menarik perhatian media nasional dan regional. Beberapa berita terkait dapat dibaca di Ini Penyebab Konflik Internal KNPB di Papua, Konflik Internal KNPB di Papua Buntut Uang Rp200 Juta, dan 2 Kelompok Simpatisan Teroris KKB Bentrok Berebut Uang Ratusan Juta, 2 Orang Kritis. Berita-berita ini memberikan latar belakang dan konteks tentang organisasi KNPB dan tujuannya.

READ ALSO : TAK ADA KLAIM KSTP MELANGGAR HAM, AMNESTY INTERNATIONAL DESAK USUT PEMBUNUHAN WARGA SIPIL DI PAPUA

KNPB adalah organisasi politik rakyat Papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 2008 dan memiliki beberapa cabang di berbagai wilayah Papua. KNPB sering terlibat dalam aksi protes damai maupun bentrokan dengan aparat keamanan Indonesia.

Pada tahun 2023, KNPB mengalami perpecahan internal akibat perselisihan antara dua tokoh utamanya, yaitu Agus Kossay dan Victor Yeimo. Keduanya sama-sama mengklaim sebagai ketua umum KNPB yang sah. Perpecahan ini memicu konflik antara simpatisan kedua kubu yang saling menuduh melakukan pengkhianatan dan korupsi.

Konflik internal KNPB ini mengancam stabilitas dan keamanan di Papua, yang sudah rentan dengan aksi-aksi kelompok bersenjata separatis yang sering menyerang warga sipil dan aparat keamanan. Pemerintah Indonesia berupaya untuk menyelesaikan masalah Papua dengan cara dialog dan pembangunan, namun masih menghadapi tantangan dari kelompok-kelompok radikal yang menolak kompromi.

READ ALSO : DIDAMPINGI PANGLIMA TNI DAN SEJUMLAH MENTERI, WAPRES MA’RUF AMIN AKAN BERKANTOR DI PAPUA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments