Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaHANKAMAPEL GELAR PENGAMANAN KUNKER WAPRES RI DI LABUAN BAJO, INI PENENKANAN PANGDAM...

APEL GELAR PENGAMANAN KUNKER WAPRES RI DI LABUAN BAJO, INI PENENKANAN PANGDAM IX/UDY

Manggarai Barat, “TABLOIDNUSANTARA” – Gabungan personel TNI-POLRI menggelar apel persiapan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI KH. Ma’aruf Amin dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’aruf Amin beserta rombongan di wilayah Manggarai Barat. Apel dilaksanakan di Lapangan Apel Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, pada Minggu (13/03/2021) pagi.

Apel yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., ini dihadiri oleh Karoops Polda NTT, Dirpolair Polda NTT, Sekda Kab. Manggarai Barat, Kasi Ops Korem 161/WS, Kasi Intelrem 161/WS, Dandim 1612/Manggarai, Dandim 1625/Ngada, Dan Tim Paspampres, Pabung Dim 1612/Mgr dan para Dansubsatgas Pam VVIP.

Dihadapan peserta apel yang terdiri dari personel gabungan TNI-POLRI serta instansi terkait lainnya, Danrem membacakan Amanat Pangdam IX/Udayana yang menyampaikan bahwa Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI beserta rombongan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka Pembukaan Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 Tahun 2022.

“Kunjungan kerja Wakil Presiden ke Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh Negara. Kehormatan dan kepercayaan ini harus kita junjung tinggi dengan cara berbuat maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan kondusif, sehingga akan memberi arti penting bagi peningkatan citra Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan bahwa Kodam IX/Udayana selaku Kogasgabpad Pam VVIP Wilayah Bali Nusra bersinergi dengan Polda, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan unsur pendukung lainnya melaksanakan pengamanan Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia dengan mengerahkan sejumlah personel yang cukup besar.

“Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal,” tegas Pangdam.

Apel gelar pasukan ini merupakan sarana untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur.

“Jadikan apel gelar ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada dilapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala dilapangan dapat segera diatasi. Upaya maksimal dari personel yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan munculnya gangguan yang dapat menghambat kelancaran kegiatan,” terang Mayjen Sonny.

Pihaknya menambahkan pada kegiatan apel gelar pasukan ini, para Dansat masing-masing bagian segera memberikan Perintah Operasi kepada personel di tiap-tiap spot dan diharapkan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan Pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini disiapkan, baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing baik dari Unsur Satgas serta langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku. (Penrem 161/WS)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments