Selasa, Mei 21, 2024
BerandaHANKAMAPARAT KEAMANAN SELIDIKI DUGAAN ALIRAN DANA KSTP DARI PEJABAT

APARAT KEAMANAN SELIDIKI DUGAAN ALIRAN DANA KSTP DARI PEJABAT

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan pihaknya masih menyelidiki aliran dana yang digunakan untuk membeli bahan makanan bagi Kelompok Separatis Teroris Papua  (KSTP) pimpinan Egianus Kogoya.

Penyelidikan masih terus dilakukan guna mengetahui asal uang yang digunakan untuk membeli bahan makanan tersebut, tambah Mathius. Polisi juga belum dapat memastikan apakah ada pejabat yang terlibat karena masih dilakukan penyelidikan mendalam. “Penegakan hukum akan dilakukan, termasuk kepada mereka yang membantu KSTP,” tegas Mathius.

READ ALSO : SEMPAT SEPEKAN MENCEKAM DITEROR KSTP, WARGA OKSIBIL MULAI NORMAL BERAKTIFITAS

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri memastikan dugaan-dugaan tersebut diproses pihaknya. Namun dia menilai dugaan keterlibatan oknum pejabat daerah sebagai penyuplai dana ke KSTP perlu diusut secara hati-hati. “Proses hukum ini berkaitan dengan dukungan-dukungan yang menyasar kepada pejabat kan kita mesti hati-hati,” kata Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Kota Jayapura, Papua, Junat (22/9/2023).

Mathius beralasan penyelidikan KSTP jangan mengganggu proses pemerintahan. Terutama bila yang diselidiki merupakan oknum pejabat. “Supaya tidak boleh mengganggu juga aktivitas yang pejabat itu mungkin kalau di pemerintah jangan mengganggu aktivitas pemerintah, atau mengganggu yang lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mathius juga menyinggung indikasi uang tersebut diambil dari dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Dia memastikan yang terlibat tentu ditindak. “Ya kita tangkap, kan sudah saya sampaikan berulang kali tidak boleh ada satu pun uang negara ini yang mendukung kegiatan-kegiatan yang berbau untuk Papua merdeka,” tuturnya.

READ ALSO : KSTP MATI KUTU, TIGA TOKOH CENTRAL DITANGKAP DAN SATU ORANG TEWAS DITANGAN APARAT

Tim gabungan yang terdiri atas Satgas Ops Damai Cartenz dan Satpolair Polres Asmat menangkap YT di Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (21/9), karena diduga sebagai penyuplai bahan makanan kepada KSTP pimpinan Egianus Kogoya. (dok : cepos online)

Sebelumnya, tim gabungan yang terdiri atas Satgas Ops Damai Cartenz dan Satpolair Polres Asmat menangkap YT di Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (21/9), karena diduga sebagai penyuplai bahan makanan kepada KSTP pimpinan Egianus Kogoya.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Faizal Ramdhani, Jumat, mengatakan penangkapan terhadap YT merupakan penyuplai bahan makanan yang dananya berasal dari KSTP pimpinan Egianus Kogoya. “Benar, telah dilakukan penangkapan terhadap YT yang merupakan simpatisan KSTP dan memiliki peran menyuplai bahan makanan kepada kelompok Egianus Kogoya,” kata Faizal.

Dari berbagai laporan yang diterima, YT diketahui bekerja sebagai pengemudi perahu motor di Kabupaten Asmat. Penangkapan YT dilakukan setelah tim Satgas Damai Cartenz memperoleh informasi, lalu membuntuti YT saat menuju Bank Papua untuk mengambil kiriman uang dari Egianus Kogoya.

Sebelum ditangkap petugas, YT telah melakukan penarikan uang sebesar Rp100 juta di Bank Papua Asmat. Uang tersebut digunakan untuk membeli berbagai bahan makanan sesuai permintaan Egianus Kogoya.

READ ALSO : PANTAU JALUR TIKUS, SATGAS TNI RUTIN LAKUKAN PATROLI GABUNGAN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments