Kamis, Mei 30, 2024
BerandaHANKAMUNGGUL PRODUKTIFITAS TELUR, KELOMPOK TERNAK APINGKI BINAAN KODIM 1605/BELU HASILKAN DOC SENDIRI

UNGGUL PRODUKTIFITAS TELUR, KELOMPOK TERNAK APINGKI BINAAN KODIM 1605/BELU HASILKAN DOC SENDIRI

Belu – Permintaan pasar akan pasokan kebutuhan ayam terus berkembang dari waktu ke waktu dan semakin meningkat, baik daging maupun telurnya. Menyikapi hal tersebut Kelompok ternak ayam KUB Anak Pinggir Kali Tenukiik (Apingki) binaan Kodim 1605/Belu mulai merambah usahanya dengan menghasilkan produksi Telur Ayam KUB.

Babinsa Koramil 1605-06/Halilulik Serda Zaenal Abidin selaku pemilik ternak ayam KUB Apingki ketika ditemui di lokasi kandang ternak Apingki pada Rabu(17/5/2022) mengatakan bahwa keunggulan berternak ayam KUB atau ayam Kampung Unggulan Balitbangtan ini salah satunya yaitu bisa memproduksi telur yang lebih banyak dari pada ayam kampung biasa.

Karena prospeknya yang cukup menjanjikan dan juga keunggulan dalam menghasilkan telur yang cukup tinggi dan untuk meningkatkan usaha ternak ayam KUB ini serta untuk meningkatkan skala usahanya, Serda Zaenal bersama kelompok ternaknya memutuskan menghasilkan DOC sendiri dari usaha ternak ayam KUB.

“Secara ekonomi, usaha ternak ayam KUB ini memiliki 3 keuntungan yang bisa diraup peternak. Mulai dari daging, telur dan DOC yang digunakan untuk penyediaan bibit ayam, karna permintaan pasar yang meningkat jadi saya berpikir untuk menghasilkan DOC sendiri dengan menggunakan mesin penetas,” terangnya.

Dijelaskannya, perhari indukan ayam betina yang dikhususkan untuk menghasilkan telur bisa mencapai 30 hingga 40 butir telur, dan dari telur-telur tersebut diseleksi telur ayam yang berkualitas langsung dimasukan kedalam mesin penetas dan sebagian lagi telurnya disiapkan untuk dipasarkan.

“Untuk pemasarannya, telur dijual Rp. 3000,- perbutir dan Rp. 90.000,- jika dijual per raknya,” sebutnya.

Menurut Serda Zaenal, Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) ini mempunyai prospek yang sangat menjanjikan bila dibanding dengan ayam kampung biasa. Hal ini karena Ayam KUB perawatannya mudah, pertumbuhannya cepat dan lebih produktif dalam menghasilkan telur.

“Apalagi permintaan akan telur ayam saat ini cenderung mengalami peningkatan dan untuk mencukupi permintaan itu tidak cukup karna bila dibandingkan ayam KUB dengan ayam kampung biasa untuk ayam kampung produkifitas bertelurnya lama,” kata Zaenal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk saat ini, ia dan kelompok ternak apingki masih meminta kiriman pasokan DOC dari pulau jawa, namun dengan adanya pengembangan usaha ternak untuk hasilkan DOC sendiri Serda Zaenal meyakini kedepan ia tidak lagi mengalami kendala dalam pasokan kebutuhan DOC.

“Mudah-mudahan kedepan untuk ketersediaan stok DOC dapat terpenuhi dengan baik sehingga bisa mengatasi jumlah permintaan pasar yang semakin meningkat,” tandasnya. (Kodim 1605/Belu)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments