Senin, Mei 27, 2024
BerandaHANKAMTNI/POLRI PERLUAS AREA PENYISIRAN, CARI PENDULANG KORBAN SERANGAN KSTP

TNI/POLRI PERLUAS AREA PENYISIRAN, CARI PENDULANG KORBAN SERANGAN KSTP

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Diberitakan sebelumnya bahwa Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Egianus Kogoya melakukan serangan terhadap pendulang emas di Kali I, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Senin (17/10/2023). Pasca kejadian itu aparat keamanan mengevakuasi tujuh korban tewas, sementara puluhan korban selamat lainnya berhasil diamankan untuk mendapatkan perawatan kemudian dimintai keterangan di Polres Yahukimo.

Namun dalam pendataan oleh aparat keamanan, baik korban tewas maupun korban selamat belum ditemukan nama Rakib Natsir beralamat di Jl. Bontobila 4, Kelurahan Batua, Makassar, yang juga merupakan penambang emas di Yahukimo. Kakak korban bernama Akbar Natsir mengatakan bahwa pasca kejadian pihak keluarga telah berusaha melakukan komunikasi dengan berbagai pihak namun keberadaan Rakib belum menemui titik terang.

READ ALSO : HERMAN YOKU SEBUT ADA KESALAH PAHAMAN GENERASI SOAL POLEMIK GANTI RUGI TANAH ADAT

Kakak korban bernama Akbar Natsir mengatakan bahwa pasca kejadian pihak keluarga telah berusaha melakukan komunikasi dengan berbagai pihak namun keberadaan Rakib belum menemui titik terang. (dok : fajar.co.id)

Menerima laporan tersebut aparat keamanan kini memperluas area pencarian dengan menyusuri hutan dan berharap korban dapat ditemukan sesegera mungkin. “Kami masih melakukan penyisiran ulang. Karena hutannya lebat, bisa jadi tersesat di dalam,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, Selasa (24/10/2023).

READ ALSO : PASCA TEROR KSTP, APARAT PULIHKAN KEAMANAN DI KAB.PEGUNUNGAN BINTANG

Pihak keluarga berharap pencarian terus dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz. Keluarga berharap Rakib Natsir ditemukan dalam keadaan selamat. “Pihak keluarga di Makassar berharap semoga Rakib Natsir dapat ditemukan oleh Satgas Damai Cartenz dan kembali dalam keadaan selamat,” pungkasnya.

Serangan KSTP pimpinan Egianus Kogoya masih menyisakan pekerjaan evakuasi pendulang yang dikabarkan masih belum ditemukan. Hasil rekapan data yang dilakukan aparat keamanan dilaporkan 7  orang tewas dan 45 lainnya berhasil selamat, sementara sejumlah orang diketahui masih hilang hingga kini.

“Para korban selamat semua sudah ada di Polres, sudah kami berikan tempat istirahat, makanan serta pengobatan bagi yang luka,” ungkapnya. Dari 7 korban tewas tersebut 6 di antaranya berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Udin, Maun, Ardi, Hendra, Appe, dan Siger. Sedangkan 1 korban lain bernama Anju berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Sementara itu Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengungkap KSTP pimpinan Egianus Kogoya menjadi dalang dari aksi keji ini. Polisi bakal mengejar Egianus demi melakukan penegakan hukum. “Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KSTP Egianus Kogoya,” ujar Kombes Faizal dalam keterangannya, Selasa (17/10).

READ ALSO : TUNJUKAN DEDIKASI DAN KEBERANIAN TNI/POLRI SELAMATKAN WARGA PAPUA DARI SERANGAN KSTP

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments