Rabu, Juni 19, 2024
BerandaHANKAMTINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT, BABINSA BERI PELATIHAN PEMBUATAN TEMPE BAGI WARGA PERBATASAN

TINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT, BABINSA BERI PELATIHAN PEMBUATAN TEMPE BAGI WARGA PERBATASAN

Belu, “TABLOIDNUSANTARA” – Sebagai upaya untuk membantu menambah ekonomi masyarakat di wilayah desa binaannya, Babinsa Desa Umaklaran Koramil 1605-07/Wedomu Serda Hiro Kono memberikan pelatihan pembuatan tempe kepada ibu-ibu Tim Penggerak PKK Desa Umaklaran.

Pelatihan pembuatan tempe oleh Babinsa Umaklaran kepada ibu-ibu Tim Penggerak PKK Desa Umaklaran tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, pada Sabtu (6/7/2022).

Kegiatan pelatihan pembuatan tempe tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Umaklaran, Ketua TP PKK bersama anggota, Sekdes Umaklaran, Kaur Perencanaan Desa Umaklaran, Ketua Kader Posyandu bersama anggota dan  Mahasiswa KKN Unimor.

Babinsa Desa Umaklaran Serda Hiro Kono menyampaikan bahwa kebutuhan masyarakat akan bahan makanan tempe ini terus meningkat, oleh karena itu Ia berinisiatif untuk melatih dan juga menambah serta meningkatkan kreatifitas masyarakat agar bisa membuat tempe sendiri.

“Sekarang ini banyak masyarakat yang mulai mengkonsumsi tempe, sehingga saya berinisiatif untuk memberikan pelatihan pembuatan tempe ini agar masyarakat mengetahui cara pembuatan tempe tanpa harus membelinya di pasar,” ujar Kono.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan pelatihan pembuatan tempe ini selain untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu tentang cara pembuatan tempe dalam membantu ekonomi keluarga, masyarakat juga bisa berwirausaha lewat pembuatan tempe ini.

“Harapan saya masyarakat bisa memiliki penghasilan tambahan sendiri selain dari pekerjaan sehari-hari sehingga dapat mendorong peningkatan perekonomian selain itu dapat juga menekan angka stunting,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Umaklaran Agustinus M Naibili S.sos sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Babinsa melalui kegiatan pelatihan pembuatan tempe oleh kepada ibu-ibu tim penggerak PKK Desa Umklaran ini.

“Ini merupakan langkah yang tepat diambil oleh Babinsa untuk membuka wawasan masyarakat, sehingga saya berharap kedepannya dapat berjalan dengan baik karena melalui kegiatan seperti ini sangat membantu perekonomian masyarakat di Desa Umaklaran ini,” katanya.

Selaku Kepala Desa, Agustinus sangat mendukung penuh terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, oleh karena itu dirinya sangat mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan pelatihan pembuatan tempe ini dapat bermanfaat dan berdampak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Umaklaran.

Menurut Kades Agustinus, dengan adanya kegiatan ini ke depannya pemerintah Desa berencana untuk membuka lahan pertanian yang rencananya akan ditanami kacang kedelai sebagai bahan dasar pangan pembuatan tempe ini karena untuk pembuatan tempe ini bahan pokoknya adalah menggunakan kacang kedelai.

“Maka dari itu kami berharap kepada Pak Babinsa selalu mendukung, mengawal dan mendampingi kami hingga kegiatan ini bisa terealisasi dan berdampak kepada peningkatan masyarakat,” pinta dia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemerintah Desa dan masyarakat Desa Umaklaran sangat bersyukur sekali mendapatkan seorang Babinsa yang memiliki inovasi dalam memberdayakan serta meningkatkan ekonomi warga di Desa Umaklaran yang menjadi wilayah Desa binaannya.

“Walaupun Pak Babinsa baru 2 minggu bergabung bersama dengan kami menjadi Babinsa di Desa ini baru, tetapi Pak Babinsa telah melakukan terobosan-terobosan, kebaikan untuk membantu masyarakat dan semoga kedepannya kegiatan ini terus berjalan dan dapat membawa perubahan pada masyarakat,” tandas Kades.

Senada dengan itu, Ketua TP PKK Umaklaras Elisabeth Naibili sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan pelatihan pembuatan tempe kepada para ibu-ibu PKK Desa Umaklaran dan dengan melalui kegiatan ini ibu-ibu menjadi tau bagaimana tata cara dalam pembuatan tempe.

“Dengan adanya kegiatan ini para ibu-ibu di Desa Umaklaran ini dapat dengan sendirinya membuat tempe untuk dijual sehingga dengan demikian dapat menambah penghasilan pendapatan di dalam keluarganya,” pungkasnya. (Kodim 1605/Belu)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments