Rabu, Juni 19, 2024
BerandaHANKAMTANAM MANGROVE DUKUNG G20, KODIM 1611/BADUNG BERSINERGI DENGAN QNET

TANAM MANGROVE DUKUNG G20, KODIM 1611/BADUNG BERSINERGI DENGAN QNET

Denpasar, “TABLOIDNUSANTARA” – Dalam rangka kegiatan Non Program Staf Teritorial Kodim 1611/Badung dan guna mendukung kegiatan G20, Kodim 1611/Badung bekerjasama dengan QNet melaksanakan penanaman Mangrove di Kawasan Balai Kelompok Nelayan Batu Lumbang, Desa Pemogan, Kecamatan Densel, Kota Denpasar, pada Senin (13/06/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan Hutan Mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik, ekologi, dan ekonomi dari sisi fisik.

“Mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak dan abrasi air laut, dari sisi ekologi, mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan menyerap polutan atau asap dari udara,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya laut lainnya. Dari sisi ekonomi, mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah/biji untuk dibuat berbagai macam makanan atau minuman.

“Keberadaan hutan mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam, seperti halnya taman hutan raya ngurah rai dan taman hutan mangrove di Desa Pemogan ini,” pungkasnya.

Menurutnya, kesempatan ini menjadi hari yang luar biasa bagi semua yangakan melaksanakan penanaman mangrove secara bersama-sama demi menjaga kelestarian lingkungan khususnya hutan mangrove.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita dalam upaya meningkatkan kebersamaan antara kodim 1611/badung dengan pihak QNET dan seluruh komponen bangsa lainnya termasuk kepada warga masyarakat khususnya kepada para kelompok nelayan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur QNet Regional Indonesia Bapak Ganang Rindarko dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dimana bisnis berkembang, QNet bekerjasama dengan Kodim 1611/ Badung untuk melakukan penanaman hutan bakau di Indonesia yang bertujuan untuk menjaga merawat dan melestarikan daerah pesisir.

“Bali dan Indonesia sedang berbenah dalam menyambut KTT G20, dimana salah satu agendanya adalah semua pemimpin negara G20 akan berkunjung ke hutan mangrove, untuk itu QNet ingin ikut membantu Pemerintah dalam gambaran mengenai prestasi dan komitmen ekonomi hijau Indonesia yang dapat ditunjukkan kepada para anggota delegasi G20 pada KTT G20,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbilis Pohon Manggrove dan bambu rumpun oleh Direktur QNet Regional Indonesia kepada Dandim 1611/Badung, penyerahan Cenderamata oleh Dandim 1611/Badung kepada Direktur QNet, serta dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman pohon Manggrove secara simbolis di areal Pok Nelayan Batu Lumbang. (Kodim 1611/Badung)

 

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments