Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaNASIONALSINERGITAS TNI-POLRI MENGAWAL PEMBANGUNAN DAN KEAMANAN PAPUA

SINERGITAS TNI-POLRI MENGAWAL PEMBANGUNAN DAN KEAMANAN PAPUA

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Dalam rangka menepati janjinya untuk mengunjungi daerah-daerah rawan di Indonesia, setelah dilantik menjabat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  dan kepala staf dari unsur tiga matra, yakni KSAD, KSAU, dan KSAL melaksanakan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat pada bulan Januari lalu. Kunjungan kerja kali itu juga menunjukan betapa eratnya sinergitas institusi TNI-Polri dalam menjaga keutuhan NKRI terutama di wilayah Papua.

Pada hari pertama kunjungan kerjanya, kedua pejabat tinggi TNI-Polri dan rombongan berkesempatan untuk meresmikan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua yang baru di Koya Tengah dan dilanjutkan dengan melaksanakan kunjungan kerja ke Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura Papua.

READ ALSO : Tumpas Saja !, KKB Terbukti Melakukan Pelanggaran HAM Berat

Dalam sambutannya, Panglima TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur di Papua merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang yang harus terus didorong bersama. “Pembangunan Mapolda baru adalah salah satu dari sekian banyak upaya pemerintah untuk terus membangun Papua. Pemerintah terus berupaya dan berkomitmen untuk membangun Papua dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua karena Papua merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia,” jelas Panglima TNI.

Lebih lanjut, Laksamana Yudo Margono juga menyatakan komitmen bahwa TNI siap membantu pemerintah daerah dan Polri untuk memajukan Papua. “TNI akan membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat melalui operasi militer selain perang (OMSP),” kata Panglima TNI. Sementara itu dalam kunjungannya ke Makodam XVII/Cenderawasih, Panglima TNI menyampaikan rasa bangganya bisa hadir di tengah-tengah prajurit TNI-Polri yang terbaik dan terpilih mendapat amanah menjaga Merah Putih tetap berkibar di Papua.

Di hari selanjutnya Panglima TNI, Kapolri dan rombongan berkesempatan mengunjungi Timika Papua dan bertolak melanjutkan kunjungan kerja ke Papua Barat yaitu mengunjungi Polda Papua dan Makodam XVIII/Kasuari.

READ ALSO : TERIMA KASIH DARI INTAN JAYA PAPUA UNTUK SATGAS YONIF TENGKORAK

Dalam pengarahannya Panglima TNI memberikan penekanan kepada prajurit TNI Polri untuk tidak ragu-ragu dalam melindungi Masyarakat. Lebih lanjut disampaikan  bahwa prajurit TNI-Polri harus mampu menyelesaikan gerombolan yang masih ingin mengacau kehidupan, masa depan masyarakat dan Pemerintahan. “Kalian yang harus maju menyelesaikan dan tidak boleh takut untuk itu, karena ini adalah penegakan hukum,” ujarnya.

“Saya sebagai Panglima TNI bersama Kapolri akan memberikan payung hukum supaya kalian tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas. Pembinaan teritorial, komunikasi sosial dengan masyarakat juga harus dikedepankan serta budaya harus dihormati, kearifan lokal masyarakat Papua juga harus dipahami,” ucapnya.

Kebersamaan Panglima TNI, Kapolri dan seluruh kepala staf masing-masing angkatan merupakan wujud sinergitas yang perlu dicontoh oleh prajurit TNI-Polri maupun seluruh komponen masyarakat lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk membangun Papua khususnya dan NKRI pada umumnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments