Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHANKAMSATU ANGGOTA KKB, PELAKU PENEMBAKAN DI BANDARA KENYAM DITANGKAP

SATU ANGGOTA KKB, PELAKU PENEMBAKAN DI BANDARA KENYAM DITANGKAP

PAPUA,  “tabloidnusantara.com” – Aparat keamanan menangkap seorang yang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial YL di Distrik Kenyam, Kabupaten Nudga, Papua Pegunungan. Polisi menduga, YL merupakan pelaku penembakan di Bandara Kenyam pada 22 Juni 2023. “YL dItangkap di Kenyam pada 23 Juni 2023,” ujar Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panalewen, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (28/6/2023). Rio menyebut, saat ini beberapa anggota KKB sudah masuk wilayah kota Kenyam dan sejauh ini hanya YL yang bisa ditangkap. “Dia (YL) salah satu KKB yang masuk ke Kenyam,” kata dia.

READ ALSO : APRESIASI PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN ANGGOTA KST PAPUA

Keberhasilan aparat keamanan menangkap terduga YL salah satu anggota KKB yang melakukan penembakan di Bandara Kenyam tidak lepas dari keberhasilan Pemerintah Kabupaten Nduga dalam melakukan penegakan hukum dan  membentuk tim negosiasi yang bertugas melakukan pendekatan kepada KKB untuk membebaskan pilot Philips Max Marten.

Tim bentukan Pemerintah Kabupaten Nduga hingga kini masih melakukan tugasnya, selain tugas pencarian yang dilakukan oleh TNI dan Polri. Di luar dari upaya itu, Polri mulai menggelar operasi penegakan hukum, karena apa yang dilakukan oleh KKB itu bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah pelanggaran hukum. Apalagi, apa yang dilakukan oleh KKB sudah semakin brutal dan tidak saja menyerang aparat keamanan, melainkan juga bagi warga sipil.

Tidak hanya penangkapan terhadap KKB yang menjadi pelaku kejahatan, bahkan aparat keamanan juga menyelidiki para pihak yang diduga ikut membantu pergerakan KKB, termasuk para pejabat di daerah. Polri telah menangkap sejumlah orang yang diduga merupakan anggota KKB, berikut sejumlah senjata api serta amunisinya. Dengan penegakan hukum seperti itu, maka pergerakan anggota KKB di hutan Papua diharapkan akan semakin sempit, sehingga penyelamat pilot dapat segera terwujud.

READ ALSO : DIDUGA ALIRKAN DANA KE KKB, LUKAS ENEMBE TERANCAM PASAL BERLAPIS

Diberitakan sebelumnya, sekelompok orang diduga KKB melepaskan tembakan di sekitar area Bandara Kenyam, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Kamis (22/6/2023). Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani menilai teror penembakan yang dilakukan KKB tersebut hanya mencari bentuk perhatian eksistensinya usai pelaksanaan pelantikan Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge.

Area Bandara Kenyam dalam keadaan aman dan kondusif. (papua60detik)

READ ALSO : KKB TEMBAKI LAGI PESAWAT DI KENYAM, POTENSI ANCAM JALUR SUPLAI LOGISTIK

Penangkapan YL dalam kasus penembakan di Bandara Kenyam patut dikembangkan motifnya. Aksi teror yang dilakukan di obyek vital termasuk bandara menunjukkan bahwa terdapat upaya KKB untuk menghentikan jalur transportasi dan logistik ke dareah Kenyam, Nduga Papua sehingga pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terhenti. Masyarakat akan terancam terhadap kebutuhan untuk pemenuhan hidupnya. Selain itu KKB memilih Bandara di Kenyam untuk melakukan aksinya karena bandara adalah tempat yang mudah menarik perhatian publik, sebagai sarana KKB menarik perhatian dalam menunjukkan eksistensinya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments