Rabu, Juni 19, 2024
BerandaEKONOMIPRESIDEN MINTA TNI POLRI KAWAL PEMBANGUNAN UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA

PRESIDEN MINTA TNI POLRI KAWAL PEMBANGUNAN UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama jajaran pengamanan wilayah Provinsi Papua, Senin (20/03/2023) malam, di Ruang Cendrawasih, Swiss-belhotel Jayapura, Kota Jayapura. Dikutip dari setkab.go.id, dalam kesempatan tersebut, Presiden menekankan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri turut mengawal pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua.

“Beliau mengingatkan kepada kita untuk bekerja secara lebih terintegrasi antara program-program pusat dengan program-program daerah, sehingga TNI-Polri betul-betul bisa mengawal seluruh kebijakan dan meningkatkan kesejahteraan wilayah Papua,” ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya usai pertemuan.

READ ALSO : PENGGUNAAN DANA DESA DAN TUGAS PENDAMPING DESA

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa peningkatan kesejahteraan tersebut salah satunya melalui dukungan dalam pembangunan di wilayah Papua. “Baik dari sisi pembangunan maupun dari sisi pemekaran, semuanya bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa TNI akan terus berkolaborasi bersama Polri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui operasi penegakan hukum. “Pasukan TNI yang berada di Papua ini dalam rangka melaksanakan operasi penegakan hukum membantu Polri,” tutur Panglima TNI.

Kunker Panglima TNI dan Kapolri Ke Papua didamping kepala staf angkatan. (Pendam Kasuari)

READ ALSO : APARAT GABUNGAN TNI-POLRI RINGKUS 19 AKTIVIS KNPB PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI TAMBRAUW PAPUA BARAT

Sementara itu Panglima TNI yang di damping Kapolri dan tiga kepala staf angkatan  dalam lawatannya ke Papua tanggal 9 Januari 2023 menegaskan bahwa TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI akan siap melaksanakan tugas pokok sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. “TNI akan membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat melalui operasi militer selain perang ,” tegasnya.

Yudo Margono lebih lanjut mengatakan, pembangunan di Papua tidak bisa dilaksanakan hanya oleh satu instansi saja, diperlukan sinergi dan kerja sama dari seluruh stakeholders terkait guna menyamakan persepsi dan menyatukan langkah. “Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan komitmen TNI bahwa kami siap membantu Pemerintah Daerah dan Polri untuk memajukan Papua,” jelasnya.

“Papua memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi daerah yang maju dengan syarat kita semua sebagai putra bangsa harus bersatu padu, untuk meningkatkan kualitas SDM, memastikan kedamaian dan stabilitas untuk pembangunan, serta mensejahterakan masyarakat. Mari kita bersinergi untuk negeri,” pungkas Panglima TNI.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments