Rabu, Mei 29, 2024
BerandaEKONOMIGus Yasin Usulkan Lembaga Pengawas Halal

Gus Yasin Usulkan Lembaga Pengawas Halal

Brebes, “tabloidnusantara.com” – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengusulkan kepada pemerintah pusat terkait pengawasan terhadap perusahaan makanan yang bersertifikat halal. Sehingga, standar mutu dan kehalalan produk dapat terus terjaga.

“Kita usulkan ke pemerintah pusat lewat BPJPH, lewat MUI dari Jateng, supaya nanti sampai ke pusat. Harus ada lembaga untuk pengawasan, apakah perusahaan yang sudah bersertifikat halal itu benar-benar menjalankan terus kehalalan produknya,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, seusai menghadiri Bimbingan Teknis Juru Sembelih Halal, di Kantor Disnak Keswan Kabupaten Brebes, Sabtu (28/1/2023).

Wagub menjelaskan, pemerintah telah mengarahkan agar seluruh produk makanan memiliki sertifikat halal. Hal tersebut, lanjutnya, harus disambut baik dengan menyiapkan peta jalan mulai dari hulu hingga ke hilir.

READ ALSO : Dukung Pemulihan Ekonomi, Pelaku UMKM di Kudus Terima Bantuan

Gus Yasin meminta rumah potong hewan dan rumah potong ayam, terus diupayakan sertifikasinya, mulai dari Nomor Kontrol Veteriner, hingga sertifikat halal.

“Nah ini pentingnya, kenapa nanti di kemudian hari RPH atau RPA atau RPU, kita dorong untuk mendapatkan sertifikat halal. Dan tentu untuk mendapatkannya, adalah juru sembelihnya juga harus memiliki sertifikat halal,” papar wagub.

Dia menuturkan, pada 2022, Pemprov Jateng telah memfasilitasi 40 orang mendapatkan sertifikat kompetensi halal. Menurutnya, dengan pelatihan 90 orang Juleha kali ini akan semakin menambah jumlah juru sembelih sesuai yang diharapkan. Oleh karenanya, wagub meminta pelatihan juru sembelih halal harus sampai mendapatkan sertifikasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

READ ALSO : Dipromosikan “Lapak Ganjar” Bandeng Presto Rumahan Tembus Pasar Mancanegara

“Untuk yang belum memiliki, kami akan bantu. Dan nanti kita latih semuanya. Tadi saya sampaikan, ini hanya pelatihan teknis, harus ada sampai ke sertifikasi,” tandasnya. (Humas Jateng)*ul

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments