Sabtu, April 20, 2024
BerandaNASIONALLingkungan Bebas Sampah, Kabupaten Kudus Raih Penghargaan Adipura

Lingkungan Bebas Sampah, Kabupaten Kudus Raih Penghargaan Adipura

KUDUS, “tabloidnusantara.com” – Atas kerja keras semangat gotong royong, serta berinovasi dalam mengelola sampah, Pemerintah Kabupaten Kudus berhasil menyabet penghargaan Adipura 2022. “Penghargaan langsung diberikan kepada Bupati Khudus Bapak Hartopo dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

“Hartopo menyampaikan, terima kasih kepada seluruh stakeholder yang ikut berjibaku menjaga lingkungan, baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pihak swasta, dan utamanya warga Kudus. “Ini kita raih dengan gotong royong dan kerja bersama. Maka untuk itu, saya dedikasikan penghargaan ini untuk seluruh warga Kudus. Matur nuwun, sudah ikut membantu Pemkab.

READ ALSO : BI targetkan 105 Ribu penguna baru QRIS di Papua

Segala upaya dalam mengelola sampah telah dilakukan. Mulai dari penggenjotan program buang sampah dibayar dengan sampah (Busadipah), bank sampah unit desa, program kampung iklim, hingga diterbitkannya Peraturan Bupati Kudus Nomor 66 Tahun 2019, tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai.

Bupati Khudus Bapak Hartopo saat menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Dok. Humas Jateng

Tak berhenti di situ, pihaknya merangkul seluruh stakeholder, seperti PT Djarum untuk ambil bagian mengelola sampah berkapasitas 50 ton per hari, serta mengajak warga untuk menanam pohon dan diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Bupati mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, minimal peduli akan sampah. Dimulai dari hal kecil, seperti memilah sampah dari rumah. “Adanya penghargaan ini harus membuat kita semua semakin peduli dengan kebersihan lingkungan. Manfaatkan sampah jadi barang berguna dan bisa didaur ulang. Bisa kita mulai dengan pilah sampah dari rumah,” pungkasnya.

READ ALSO : 78 Pasturi Jayapura Ikuti Program Nikah Massal Gratis

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, masyarakat Kudus patut berbangga dengan diperolehnya piala Adipura. Mengingat, hanya ada 152 kota/kabupaten dari 463 wilayah yang menerima penghargaan tersebut.

“Capaian ini bukan hal yang mudah. Hanya ada 152 daerah saja di Indonesia yang bisa meraihnya. Sudah selayaknya kita bersyukur dan bangga, kerja keras ini membuahkan hasil,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pemkab Kudus akan menggelar Kirab Adipura pada Rabu (1/3/2023) siang. Prosesi kirab dimulai dengan apel penerimaan Piala Adipura, kemudian diarak keliling Kota Kretek.

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments