Selasa, April 23, 2024
BerandaEKONOMILaunching Program Pemberdayaan Ekonomi Gereja, Pangdam XVII/Cenderawasih : Hidup Ekonomi Umat, Hidup...

Launching Program Pemberdayaan Ekonomi Gereja, Pangdam XVII/Cenderawasih : Hidup Ekonomi Umat, Hidup Ekonomi Gereja

Jayapura, “tabloidnusantara.com” – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Eka Muh. Saleh Mustafa menghadiri kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Gereja di GKI Yakhin Kampung Below Sentani, Jayapura, Minggu (5/2/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih menegaskan tentang pentingnya menjalin silaturahmi  dalam berbangsa dan bernegara dan pemberdayaan ekonomi.

“Ekonomi Firman dan Ekonomi Jemaat, dan Faktor Ekonomi merupakan kebutuhan kita bersama. Kita harus buktikan kekuatan kebersamaan untuk mengatasi kesulitan dalam masyarakat. Jadi modal ikhlas dalam hati itu berasal dari dalam tempat-tempat ibadah,” pungkas Mayjen TNI Muh. Saleh.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari Pengabaran Injil di Papua serta sekaligus menlaunching program pemberdayaan gereja dan umat. Kita merancang suatu kerjasama kolaborasi multi baik dari Pemda, Para Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, jemaat, TNI Polri.  Ini kita rancang suatu kolaborasi untuk mengaktifkan yang namanya pemberdayaan ekonomi umat. Contohnya, pemberdayaan bidang pertanian, bidang perikanan, bidang pendidikan, juga nanti bidang kesehatan. Yang sifatnya bisa bersifat pendidikan vokasi terhadap penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun dalam penyediaan lahan milik gereja yang masih banyak kosong.”

READ ALSO : Dengan Sagu, Kemiskinan Pasti Berlalu

“Kita manfaat lahan-lahan untuk ditanam, apabila ada di sekitar gereja dekat sumber air atau danau, maka kita akan kolaborasikan dengan pembibitan ikan. Saya harap program ini dapat tercipta ketahanan masyarakat dalam menghadapi inflasi atau resesi yang diprediksi akan terjadi pada Tahun 2023 ini.”

“Saya telah perintahkan seluruh Korem untuk melakukan pemberdayaan ekonomi umat dan Gereja. Sekarang kita Launching kegiatan ini,” jelas Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Pangdam XVII/Cenderawasih juga menyampaikan bukan hanya Gereja, namun juga Masjid, Pura dan tempat ibadah lainnya akan dioptimalkan karena diharapkan tumbuh kepedulian, bagi pihak yang mampu membantu yang kurang mampu.

“Saya berharap masyarakat aktif menghidupkan pemberdayaan di sekitarnya, sehingga silaturahim dan kolaborasi tercipta,” terang Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengajak untuk menjadikan Tanah Papua menjadi Tanah yang diberkati Tuhan, sehingga membawa kedamaian bagi seluruh masyarakat.

“Jadikan Tanah Papua ini sebagai tanah yang benar-benar diberkati. Tanah yang didatangkan Injil kesini untuk mesyalahatan kita semua. Tidak ada lagi kekerasan, tidak ada lagi penindasan, tidak ada lagi hal-hal yang sifatnya negatif tetapi kita timbulkan kedamaian, kita jadikan Tanah yang diberkati Tuhan,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Hidup ekonomi Umat, hidup ekonomi Gereja,” tambah Pangdam XVII/Cenderawasih. Sementara itu, Ketua Jemaat GKI Yakhin Klewblow Sentani Timur Kabupaten Jayapura Bapak Pdt. Eli Heron, S.Si, Teol yang mengatakan pihak Gereja GKI Yakhin Klewblow mengucapkan terimakasih dan yakin bahwa Berkat Tuhan sedang mengalir dalam kehidupan kita semua.

“Warga jemaat Yakhin Klewblow kami rata-rata bekerja di bagian nelayan, petani. Saya juga mengharapkan kepada Bapak Panglima tolong perhatikan anak-anak kami yang mau mengabdikan dirinya untuk menjadi bagian dari negara yaitu TNI,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura Bapak Triwarno Purnomo, S. STP., M.Si., menyampaikan ucapkan terimakasih kepada jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Bahwa kegiatan ini bisa bergulir dan berjalan mendukung program-program yang akan datang untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Papua,” jelasnya.

“Saya mengharapkan semua masyarakat Jemaat GKI Yakhin Klewblow partisipasi menjaga dan meneruskan program ini sehingga apa yang sudah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kita semua dapat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan dapat bermanfaat,” tambahnya.

Disela-sela kegiatan Pangdam XVII/Cenderawasih dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XVII/Cenderawasih memberikan Tali Asih kepada Bapak Pdt. Eli Heron, S. Si, Teol (Ketua Jemaat GKI Yakhin Klewblow Sentani timur Kabupaten Jayapura) secara simbolis.

READ ALSO : Ganjar Bersama Bea Cukai Jateng dan DIY, Musnahkan 9,7 Juta Rokok Ilegal

Kegiatan tersebut dirangkai dengam acara Penanaman bibit cabe, Penyerahan bibit secara simbolis kepada perwakilan kaum PKB Gereja GKI Jemaat Yakhin Klewblow, dan Penebaran bibit ikan secara simbolis di keramba ikan telaga maya, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring, S.H., S.E., M.M., Asrendam XVII/ Cenderawasih Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M., Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Para Kasi Korem 172/PWY, Dandim 1701/Jayapura, Bapak Triwarno Purnomo, S STP., M.Si., (Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura), Bapak Ir. Rudi R. Saragi (Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jayapura), Bapak David A. zakaria (Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura), Bapak Pdt. Eli Heron, S. Si, Teol (Ketua Jemaat GKI Yakhin Klewblow Sentani Timur Kabupaten Jayapura), Bapak Laurens Ansaka (Ondoafi Klewblow Kampung Asei kecil), Bapak Jems Kaigere (Kepala Suku Kaigere Kampung Klewblow), dan seluruh pengurus Persit KCK PD XVII/Cenderawasih.

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments