Selasa, Juni 18, 2024
BerandaINTERNASIONALKUNJUNGAN PRESIDEN JOKOWI, BUKTI KUAT PEMERINTAH PRIORITASKAN BANGUN PAPUA

KUNJUNGAN PRESIDEN JOKOWI, BUKTI KUAT PEMERINTAH PRIORITASKAN BANGUN PAPUA

PAPUA “tabloidnusantara.com” – Kunjungan kerja yang dilakukan secara langsung oleh Presiden Jokowi memang menjadi salah satu bukti yang sangat kuat bahwa selama ini Pemerintah RI, khususnya dimasa kepemimpinan beliau memang sudah sangat serius untuk terus melakukan pembangunan di Tanah Papua.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) telah kembali melakukan kunjungannya secara langsung menuju ke Provinsi Papua. Kunjungan tersebut setelah lawatannya ke Australia dan Papua Nugini (PNG). Kemudian dalam kunjungan yang dilakukan oleh Kepala Negara tersebut, dirinya banyak melakukan sejumlah kegiatan dan juga agenda penting selama berada di provinsi paling ujung di Tanah Air itu.

READ ALSO : PANGLIMA TNI : PROSES NEGOSIASI PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR DISERAHKAN KE PJ BUPATI NDUGA

Mengenai bagaimana sejumlah agenda penting yang dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia itu selama berada di Provinsi Papua, Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Frans Pekey menyebutkan bahwa beliau melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di Bumi Cenderawasih.

Bukan hanya sampai di sana saja, melainkan Presiden Jokowi juga berkunjung ke Kabupetan Keerom, yang mana di sana mereka sedang melakukan panen jagung. Selanjutnya, setelah ke sana, Presiden juga mengunjungi secara langsung Kabupaten Asmat di Provinsi Papua Selatan.

Presiden Jokowi disambut masyarakat Papua. (times indonesia)

Diketahui pula dengan adanya kehadiran berupa kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala Negara tersebut secara langsung ke Tanah Papua, masyarakat di sana, khususnya di Kota Jayapura memberikan sambutan yang sangat baik, hangat dan juga meriah penuh dengan antusiasme tinggi.

READ ALSO : PEMERINTAH DAN APARAT KEAMANAN TIDAK AKAN GEGABAH SELAMATKAN PILOT SUSI AIR

Seluruh masyarakat di Bumi Cenderawasih pun menerima seluruh agenda kunjungan kerja yang dilakukan oleh Presiden RI ketujuh itu. Kehadiran Presiden Jokowi tersebut telah menjadi bukti bahwa negara hadir di Papua.

Kemudian apresiasi sangat besar juga patut diberikan kepada seluruh pihak yang telah turut serta secara aktif dalam kesuksesan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo tersebut, yakni dari pihak Protokol Kepresidenan termasuk juga pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan pihak Komando Daerah Militer (Kodam).

Segala persiapan telah dilakukan dengan sangat baik dalam memastikan bagaimana kunjungan kerja tersebut bisa terlaksana dengan sukses dan lancar, yang mana semua pihak pun dari jauh hari telah terus melakukan rapat bersama serta memperkuat koordinasi hingga integrasi mereka bersama dengan Gubernur.

Apresiasi lainnya juga patut diberikan dengan sangat tinggi kepada seluruh masyarakat dan juga warga orang asli Papua (OAP), khususnya yang berada di Kota Jayapura, karena telah memberikan sambutan yang begitu meriah dengan penuh antusiasme atas kunjungan dari Kepala Negara, bahkan mereka juga terus berupaya dalam menciptakan adanya suasana aman dan kondusif di kota tersebut.

Presiden Jokowi di Pasar tradisional Papua. (sekertariat kabinet)

Frans Pekey menyatakan bahwa suasana kebersamaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik memang sangat penting untuk bisa terus dipertahankan dan bahkan juga bisa ditingkatkan lagi. Dirinya selaku Pj Wali Kota Jayapura juga telah memerintahkan kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bisa terus mengawal seluruhnya dengan baik, hingga menghiasi kota termasuk juga melakukan pengecekan lampu jalan.

Untuk informasi, ternyata memang sejauh ini, Presiden Jokowi sendiri sudah sering sekali melakukan kunjungan kerja secara langsung dan datang ke Provinsi Papua. bahkan tidak tanggung-tanggung, data menunjukkan bahwa Presiden RI ketujuh itu merupakan pemimpin Tanah Air yang paling banyak dan paling sering menuju ke Bumi Cenderawasih.

READ ALSO : MENYADARI BAHWA PAPUA ADALAH BAGIAN INTEGRAL NKRI

Tentunya sama sekali tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang pemerintahan diera kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah sangat memberikan perhatian yang sangat serius untuk bisa terus mewujudkan adanya peningkatan kesejahteraan bagi seluruh warga di Papua. Bukan hanya dengan melakukan pembangunan infrastruktur saja, melainkan beliau juga terus memaksimalkan pembangunan akan sektor kesehatan dan pendidikan di sana.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H Ma’ruf Amin juga menegaskan bahwa memang selama ini semangat dan komitmen kuat yang dimiliki oleh Pemerintah RI dalam upayanya terus membangun kesejahteraan hingga kedamaian di Tanah Papua sama sekali tidak pernah padam.

Meskipun memang seluruh usaha untuk bisa terus menghadirkan adanya peningkatan kesejahteraan termasuk juga pengupayaan kedamaian di Bumi Cenderawasih bukanlah merupakan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, namun pemerintah dengan segenap daya dan upayanya terus bekerja dengan sangat maksimal dan optimal untuk bisa menghadirkan segala hal tersebut.

Wapres juga menyampaikan bahwa sampai saat ini, Pemerintah sendiri terus berusaha untuk mendorong adanya pembangunan di Tanah Papua, baik itu berupa adanya pembangunan secara fisik berupa infrastruktur yang memang terus digencarkan, termasuk juga adanya pembangunan manusia.

Keseriusan dari Pemerintah RI dalam terus berupaya dengan komitmen yang sangat kuat disertai dengan semangat yang tidak pernah padam tersebut dalam membangun Papua memang sama sekali tidak bisa dipungkiri lagi, khususnya semenjak era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Banyak bukti menunjukkan adanya keseriusan tersebut, termasuk diantaranya adalah bagaimana seringnya beliau bahkan menjadi Kepala Negara yang paling banyak melakukan kunjungan secara langsung di Bumi Cenderawasih.

Berita ini dikutip dari tulisan salah seorang Mahasiswa Papua yang tinggal di Bali atas nama Maria Suhiap dan dimuat dalam tajuk opini dengan judul Kunjungan Presiden Jokowi Bukti Kuat Pemerintah Serius Bangun Papua.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments