Senin, Mei 27, 2024
BerandaHANKAMKESELAMATAN SANDERA MENJADI PRIORITAS DALAM PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR DARI KSTP

KESELAMATAN SANDERA MENJADI PRIORITAS DALAM PEMBEBASAN PILOT SUSI AIR DARI KSTP

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Egianus Kogoya telah menyandera Pilot Susi Air Kapten Philip sejak 7 Februari 2023. Penyanderaan itu terjadi sesaat setelah Kapten Philip mendaratkan pesawatnya di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga. Hingga saat ini terhitung sembilan bulan belum diketahui secara pasti keberadaan Philip.

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjelaskan alasan mengapa upaya pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens yang saat ini masih disandera KSTP di Tanah Papua, belum membuahkan hasil.

Menurut Moeldoko, pemerintah dan tim yang menangani upaya pembebasan mempertimbangkan dan memprioritaskan keselamatan dari Philip selaku sandera. “Berkaitan dengan keamanan yang bersangkutan (Philip). Kalau kita itung-itungannya dengan menggunakan kekuatan, itu ya nanti bisa selesai tapi ada buntutnya (dampaknya),” ujar Moeldoko dalam keterangan pers di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

READ ALSO : WUJUD TANGGUNG JAWAB LINDUNGI MASYARAKAT, APARAT KUASAI MARKAS KSTP

“Tapi kalau kita pelan-pelan, risiko-nya (waktunya) agak lama, tapi buntut negatifnya itu akan lebih sedikit. Itu pilihan pilihan yang akan diambil,” tuturnya. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini sudah sembilan bulan masa penyanderaan terhadap pilot Philip Mark Merthens. Menurut Moeldoko, pemerintah pusat terus memperkuat komunikasi dengan para tokoh adat dan tokoh agama di Papua. Tujuannya agar upaya pembebasan pilot Philip berjalan dengan aman dan tidak menimbulkan eskalasi yang merugikan.

“Sehingga kalau istilahnya itu, kita menjemput rambut di tepung itu betul-betul bisa dengan baik. Itu sebenarnya filosofi-nya di situ. Karena, kalau kita tidak melakukan kalkulasi yang sebaik-baiknya akan banyak merugikan semua pihak,” jelas Moeldoko. “Tetapi dengan komunikasi, komunikasi yang terbangun dengan berbagai pihak yang dilakukan oleh TNI-Polri ini juga akhirnya akan membatasi ruang gerak itu (KSTP yang menculik),” tambah mantan Panglima TNI itu.

Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K berharap Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) segera membebaskan pilot Susi Air. (dok : papua60detik)

READ ALSO : AMANKAN PEMILU 2024 DARI GANGGUAN KSTP, KODAM CENDERAWASIH FOKUS 5 DAERAH RAWAN

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri berharap KKB Egianus Kogoya segera membebaskan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens. “Saya berharap KKB segera membebaskan sandera dan itu diberikan sebagai kado Natal,” kata Kapolda saat serah terima jabatan di Lapangan Mapolda Papua di Jayapura, Senin (6/11/2023), seperti dikutip dari Antara. Menurutnya, upaya negosiasi untuk membebaskan Philip sampai saat ini masih terus berjalan.

Kapolda mengatakan bahwa tokoh masyarakat dan tokoh agama turut terjun dalam negosiasi. “Berbagai upaya negosiasi terus dilakukan untuk membebaskan sandera dan berharap dapat dibebaskan,” kata dia. Dia memastikan saat ini Philip dalam kondisi sehat. “Memang dari laporan yang diterima, kondisi pilot Philip yang sembilan bulan disandera dalam keadaan sehat,” tandas dia.

KLINIK INERIOR : https://klinikinteriorinteriogmail.wordpress.com/2017/07/17/klinik-interior-jayapura-mbah-untung-no-081344712417/ 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments