KEBERSAMAAN TNI-RAKYAT TAMPAK TERLIHAT DI DUA LOKASI PEMBANGUNAN POMPA HIDRAM SUMBA BARAT - https://tabloidnusantara.com/

KEBERSAMAAN TNI-RAKYAT TAMPAK TERLIHAT DI DUA LOKASI PEMBANGUNAN POMPA HIDRAM SUMBA BARAT

Sumba Barat, “TABLOIDNUSANTARA” – Saat musim kemarau, akses untuk mendapatkan air bersih termasuk sulit didapatkan. Salah satu caranya yaitu dengan berjalan kaki mengambil air menggunakan jerigen. Setiap musim kemarau di beberapa tempat menjadi permasalahan tersendiri dalam memudahkan memenuhi kebutuhan air bersih.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Babinsa jajaran Kodim 1613/Sumba Barat bersama masyarakat bahu-membahu memasang alat perlengkapan untuk program Pompa Hidram yang berada di Dusun 1 dan Dusun 2, Desa Doka Kaka, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, pada Senin (22/8/2022).

Dalam keterangannya, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi, S.Hub.Int., mengungkapkan bahwa upaya tersebut merupakan tindak lanjut Program Pompa Hidram Kodam IX/Udayana di wilayah Kodim 1613/Sumba Barat untuk membantu kesulitan masyarakat sekitar dan memberikan solusi terkait kebutuhan air bersih.

“Dengan menggunakan Pompa Hidram yang memanfaatkan gravitasi, sehingga tidak lagi menggunakan listrik maupun bahan bakar. Nantinya, air akan terangkat dengan sistem pompa sepanjang satu kilo meter lebih, sekaligus bisa dialirkan ke masing-masing rumah warga untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian, sehingga warga tidak lagi kesulitan air bersih saat musim kemarau,” jelas Dandim.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini untuk di dua lokasi pembangunan Pompa Hidram yang dalam proses pengerjaan bersinergi dengan Pemda beserta masyarakat, dengan progres pekerjaan secara keseluruhan sudah mencapai 50%, meliputi pekerjaan bak transit, bak penampung primer, pemasangan pipa dan penyangga pipa.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada para Babinsa dan warga masyarakat yang telah bahu-membahu dalam proses pengerjaan Pompa Hidram ini. Apa yang dilaksanakan ini, diharapkan bermanfaat dan bisa membantu dalam mempermudah masyarakat dalam mendapatkan air bersih, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian,” demikian tandas Dandim.

Sementara di beberapa lokasi yang sudah selesai dibangun Pompa Hidram, warga merasa sangat terbantu dengan adanya Pompa Hidram tersebut. Hal tersebut merupakan wujud kehadiran negara melalui TNI AD yang bekerja untuk rakyat dan kuat bersama rakyat. (Kodim 1613/Sumba Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *