Rabu, Juni 19, 2024
BerandaAGAMAJELANG RAMADHAN PANTAI JETIS PURWOREJO JADI LOKASI PANTAUAN HILAL

JELANG RAMADHAN PANTAI JETIS PURWOREJO JADI LOKASI PANTAUAN HILAL

PURWOREJO, “TABLOIDNUSANTARA.COM” – Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung dan pihak lain, mengikuti pantauan hilal 1 Ramadan 1443 Hijriyah di Pantai Jetis, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jumat (1/4/2022) petang. Hasilnya, hilal tidak terlihat karena tertutup mendung.

Pantauan hilal tersebut dilakukan di samping gazebo kompleks Pantai Jetis sejak 17.45 hingga 17.53 WIB.  Adapun sejumlah pihak yang ikut memantau ialah dari perwakilan Kantor Kemenag, ormas NU, Muhammadiyah, dan lainnya.

BACA JUGA :

PEMDA BATANG, BERI ATENSI BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN BERPELUANG JADI ANGGOTA TNI/POLRI

Dari hasil pantauan selama kurang lebih delapan menit, tidak ada yang melihat hilal tanda awal Ramadan 1443 Hijriyah.

“Kesimpulannya setelah dilakukan dan disaksikan semua yang hadir di sini, ijma sudah dilakukan. Tinggi hilal hakiki 2 derajat 36 menit. Posisi bulan satu derajat atau sebelah selatan matahari terbenam,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Fatchur Rochman, di lokasi kegiatan.

Dengan demikian, terang dia, untuk rukyatul hilal pada sore ini bulan belum terlihat atau tidak tampak. Pihaknya melaporkan hasil pengamatan ke kantor Kemenag pusat sebagai bahan pertimbangan awal Ramadan,” jelasnya lebih lanjut.

Rukyatul hilal adalah kriteria penentu awal bulan kalender hijriyah dengan cara merukyah atau mengamati hilal atau bulan sabit secara langsung. Apabila hilal tidak terlihat atau gagal terlihat, maka bulan kalender berjalan digenapkan menjadi 30 hari.

BACA JUGA :

PEMERINTAH CABUT TES PCR KEBERANGKATAN BAGI JEMAAH HAJI

Sebagai informasi, Kemenag melangsungkan sidang isbat juga di Jakarta pada malam ini. Hasilnya, 1 Ramadan 1443 H ditetapkan pada 3 April 2022. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments