Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHANKAMAKSI TEROR KSTP BERLANJUT, WARGA DI DISTRIK GOME MINTA PERLINDUNGAN TNI

AKSI TEROR KSTP BERLANJUT, WARGA DI DISTRIK GOME MINTA PERLINDUNGAN TNI

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Sekitar 200 orang masyarakat dari setidaknya 10 kampung di Distrik Gome Kab. Puncak mendatangi Pos Gome Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw. Mereka meminta perlindungan kepada Personel Pos Gome Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Bjw dari aksi ancaman dan gangguan keamanan yang telah dilakukan oleh Kelompok Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Puncak Ilaga, Minggu (12/11/2023).

Warga masyarakat datang tidak sendirian, turut bersama dengan masyarakat adalah kepala suku diantaranya  Abelom Kogoya (Kepala Suku Besar Kab. Puncak), Tius Wakerwa (Kepala Kampung Tanah Merah) dan Antonius Murib (Kepala Kampung Jenggernok).

Dansatgas 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga mengatakan bahwa ia telah menerima laporan dari Danpos Gome terkait adanya masyarakat yang mendatangi Pos TNI untuk meminta perlindungan dari teror KSTP di Puncak, Dansatgas juga menyampaikan telah mengambil langkah untuk membantu masyarakat tersebut.

READ ALSO : BANTU DIDIK ANAK USIA DINI, SATGAS YONIF 125/SMB OPERASIONALKAN PAUD DI KAB MAPPI

“Mereka mendatangi Pos Gome Satgas 300/Bjw karena merasa terancam dengan apa yang dilakukan oleh KSTP wilayah Puncak Ilaga, saya sudah komunikasi langsung dengan masayarakat dan telah perintahkan Danpos Gome dan Pasiter untuk membantu saudara kita yang mengadu ke Pos TNI, kita akan lindungi mereka dari teror KSTP,” ujar Dansatgas 300/Bjw.

Terdata oleh personel Pos Gome Satgas 300/Bjw bahwa sekitar 200 warga tersebut berasal dari 10 kampung di Distrik Gome. (dok : tvonenews)

READ ALSO : KSTP SERANG DAN BAKAR KAMP PENAMBANG, SATU PEKERJA TEWAS MENGENASKAN

Terdata oleh personel Pos Gome Satgas 300/Bjw bahwa sekitar 200 warga tersebut berasal dari beberapa kampung, yaitu: Kp. Jenggernok, Kp. Wako, Kp.Nenggebuma(Tanah Merah), Kp. Agiyome, Kp. Upaga, Kp.Gome, Kp. Jonggong Golawi, Kp. Kilanungin, Kp. Misimaga dan Kp. Tigilobak.

Sementara itu Abelom Kogoya Kepala Suku Besar Kab. Puncak, sebagai perwakilan masyarakat menyampaikan bahwa mereka meminta perlindungan terhadap Personel Pos Gome dari ancaman dan gangguan Kelompok KSTP. “Kami takut bapak, mereka ancam bunuh kami, tolong bapak-bapak TNI, kami takut bekerja, takut berladang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Staf Kogabwilhan III Marsda TNI Deni Hasoloan Simanjuntak dalam release nya menyampaikan bahwa masyarakat yang mengadu ke Pos TNI Satgas 300/Bjw telah direspon oleh TNI jajarannya dan sudah dicarikan tempat untuk berlindung dan beristirahat.

“Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/Bjw telah mengambil Langkah terhadap masyarakat yang mendatangi Pos jajarannya, mereka untuk sementara telah ditempatkan di Gereja Bethel Jenggernok yang berada dekat di depan Pos serta Honai Honai sekitar Pos Gome, sehingga masih terpantau, TNI juga telah menyediakan makan untuk mereka,” jelas Marsda Deni.

READ ALSO : KSTP BERULAH LAGI, KALI INI BAKAR RUMAH WARGA DAN RUSAK SMPN 1 GOME

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments