Selasa, Mei 21, 2024
BerandaEKONOMITERHAMBAT KARENA KONFLIK DENGAN KKB, JALAN TRANS PAPUA TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA

TERHAMBAT KARENA KONFLIK DENGAN KKB, JALAN TRANS PAPUA TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Jalan tol Trans – Papua yang telah dibangun sejak 2014 silam tampaknya masih belum rampung karena sejumlah kendala. Kendala tersebut diakibatkan adanya perselisihan dan konflik oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Oleh karena itu, aparat keamanan juga harus lebih berhati-hati dalam melanjutkan program tersebut. Demi menjamin keselamatan pekerja konstruksi di sana pihak berwajib mengalihkan sejumlah anggaran ke peningkatan keamanan tersebut. Sebagai tambahan informasi, pembangunan Trans Papua, termasuk ruas Jayapura-Wamena, terhambat pembangunannya sejak lama akibat dari medan yang berat hingga intervensi dari KKB. Akibatnya, target penyelesaiannya pun terus molor, dari yang sempat ditargetkan rampung 2017, 2019, hingga 2024 mendatang.

READ ALSO : PEMERINTAH MAKSIMALKAN SEMUA UPAYA UNTUK BEBASKAN PILOT SUSI AIR

Panjang jalan Trans Papua dari Jayapura ke Wamena yakni 575 km, melewati dua kabupaten yaitu Keerom dan Yalimo. Pemerintah membuka berbagai opsi, termasuk Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam membangun proyek ini. Jalan Trans Papua merupakan jalan nasional yang menghubungkan Kota Jayapura dengan 8 Kabupaten di daerah Pegunungan Tengah Papua.

Pembangunan infrastruktur di Papua menjadi fokus pemerintahan yang bertujuan untuk menciptakan keadilan, mengurangi kesenjangan pendapatan dan kesenjangan antar wilayah, serta mengurangi tingginya harga di masing-masing wilayah. Selain itu tujuan dan proyek ini untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Papua serta meningkatkan ketersediaan jaringan jalan, mengingat Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Mamberamo adalah bagian dari jalan non tol di Papua yang merupakan tulang punggung regional Pulau Papua.

READ ALSO : JOKOWI AKUI ISU KEAMANAN JADI HAMBATAN ATASI DAMPAK BENCANA KEKERINGAN DI PAPUA

Pemerintah tidak menutup kemungkinan akan membuka kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk swasta. Apalagi pemerintah mengklaim swasta sudah ada yang berminat. Biaya untuk menggarap proyek ini sangat besar. Sebagai perbandingan, nilai investasi proyek Trans-Papua khusus segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 51,4 km aja, biayanya mencapai Rp 3,52 triliun dengan masa konsesi mencapai 15 tahun.

Apabila jalan Wamena-Jayapura selesai dikerjakan, maka Jalan Trans Papua nantinya saling terhubung hingga ke wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Lalu dengan adanya Jalan Trans Papua, maka wilayah-wilayah yang tersiolasi di Papua Barat dan Papua bakal semakin terbuka aksesnya. Tidak hanya itu, Jalan Trans Papua juga akan meningkatkan konektivitas serta kesejahteraan masyarakat di Papua Barat dan Papua.

READ ALSO  : ENAM WARGA PAPUA JADI KORBAN, PEMERINTAH INGATKAN PEMDA UNTUK SERIUS HADAPI EL-NINO

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments