Minggu, April 14, 2024
BerandaHANKAMTAK INGIN PAPUA DAMAI, ADA PIHAK SEBARKAN ISU 20 M UNTUK BEBASKAN...

TAK INGIN PAPUA DAMAI, ADA PIHAK SEBARKAN ISU 20 M UNTUK BEBASKAN PILOT SUSI AIR

PAPUA, Tabloidnusantara.com” – Perihal isu uang tebusan Rp20 miliar untuk bebaskan korban penyanderaan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP), yakni Pilot Susi Air, Kapten Philips akhirnya pihak TNI buka suara. Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menegaskan tidak pernah menyatakan ada kompensasi Rp20 miliar dalam upaya pembebasan sandera Pilot Susi Air Kapten Philips.

Penegasan ini disampaikan Mayjen Izak terkait menyebarnya info ada kompensasi sebesar Rp 20 miliar bagi KSTP, pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera pilot susi air tersebut. “Bisa jadi isu adanya kompensasi 20 M sengaja diembuskan oleh pihak pihak yang tidak ingin terciptanya kedamaian di Papua,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya Rabu (13/9/2023).

Pangdam mengatakan, pihaknya mengupaya negosiasi secara damai dengan kelompok bersenjata. Ia berharap tidak adanya korban selanjutnya baik pihak masyarakat maupun TNI dan Polri. “TNI tetap memilih jalan damai dalam penyelesaian permasalahan permasalahan di Papua termasuk penyelesaian penyanderaan Pilot Philip Martens ini. Kita menginginkan semua permasalahan bisa diselesaikan dengan damai, ” ujarnya penuh harap.

READ ALSO : TERPANTAU DRONE, JASAD KSTP PELAKU PEMBAKARAN RUMAH NAKES DISERET REKANNYA KE LEMBAH

Pangdam menyampaikan bahwa kelompok pemberontak bersenjata Egianus Kogoya sudah mau membebaskan Pilot Philip Martens. (dok : kompas.com)

Dari perkembangan terakhir, Pangdam menyampaikan bahwa kelompok pemberontak bersenjata  Egianus Kogoya sudah mau membebaskan Pilot Philip Martens. Namun masih ada persoalan internal kelompok Egianus yang meminta adanya uang duka secara adat. “Cuma memang di dalam internal mereka  itu masih ada permasalahan – permasalahan yang perlu diselesaikan. Permasalahan itu antara lain adanya beberapa korban pihak  KSTP. Sesuai dengan adat mereka, harus ada yang disebut dengan uang duka,” bebernya.

Pangdam berharap negosiasi oleh semua unsur dengan Egianus Kogoya akan membuahkan hasil. “Kita akan tunggu bagaimana mekanisme pembebasan,” kata Izak menambahkan.

READ ALSO : SEMINAR TNI AD VII RUMUSKAN STRATEGI TANGANI PERMASALAHAN PAPUA

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments