Senin, Mei 20, 2024
BerandaNASIONALSEMPAT JADI KORBAN KSTP, ANAK PAPUA INI BISA SEKOLAH LAGI KARENA TNI

SEMPAT JADI KORBAN KSTP, ANAK PAPUA INI BISA SEKOLAH LAGI KARENA TNI

PAPUA, Tabloidnusantara.com” –  Pembakaran sebuah kampung di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, oleh Kelompok Separatis Teroris (KSTP) dua tahun lalu, masih membekas hingga ini. Salah satunya dialami siswa SD, Salmon YI Tepmul.

Selama dua tahun sejak kejadian, Salmon sudah tak bisa bersekolah lagi. Gedung sekolah tempat dia belajar ikut terbakar saat kerusuhan itu. “Sa pu rapor terbakar. Jadi, sekolah di sini tra mau terima saya,” kata Salmon. Keterangan Salmon ini tercantum dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 22 Agustus 2023.

READ ALSO : AKSI PENYERANGAN POS TNI DI DEKAI DILAKUKAN TPNPB-OPM PIMPINAN ANIS BAYE

Kerusuhan dua tahun lalu itu tak hanya menimpa Salmon yang saat itu masih duduk di kelas 3 SD. Kerusuhan juga membuat puluhan anak lainnya menderita serta putus sekolah. Kerusuhan di kampung halamannya ini membuat Salmon mengungsi ke Distrik Oksibil. Tujuannya, untuk menghindari teror KSTP di distriknya.

“Saya dengan keluarga mengungsi ke Oksibil dengan jalan kaki. Jalan dua hari dua malam. Tidak ada rumah lagi. Akhirnya, saya ikut mama Rounne Vallery Walea ke Jayapura,” kata Salmon. Setibanya di Jayapura, Rounne Vallery Walea yang merupakan ibu angkat Salmon, berinisiatif menyekolahkan Salmon. Namun, karena rapor dan berkas lainnya hangus terbakar, maka kurang lebih dua tahun Salmon tidak sekolah.

Nasib Salom berubah ketika bertemu seorang prajurit TNI. Saat itu, 9 Agustus 2023, seorang anggota TNI dari Kodam XVII/Cenderawasih sedang berolahraga. Saat itu, hujan mengguyur Kota Jayapura. Sang prajurit berteduh di Kios Kasih Nit Meke milik Rounne.

Salmon selaku anak angkat dari pemilik kios Rounne Vallery Walea, melintas dan bertemu. Salmon pun menceritakan semua kisah yang dialaminya kepada prajurit TNI tersebut. Mendengar cerita Salmon, sang prajurit tergerak membantu.

Sang prajurit pun berkoordinasi dengan Kepala Sekolah Dasar Negeri Holtekamp untuk membantu Salmon agar diterima di sekolah tersebut. Setelah melakukan koordinasi, Kepala Sekolah Dasar Negeri Holtekamp pun menerima Salmon menjadi siswanya.

READ ALSO : DPR RI APRESIASI LANGKAH WAPRES YANG AKAN BERKANTOR DI PAPUA SELAMA SEPEKAN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments