Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Amankan WNA PNG Pelaku Pencurian Di Pasar Skouw - https://tabloidnusantara.com/

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Amankan WNA PNG Pelaku Pencurian Di Pasar Skouw

Jayapura, “tabloidnusantara.com” – Pos Komando Utama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS berhasil mengamankan warga negara PNG yang melakukan tindak kriminal pencurian di Pasar Skouw yang bertempat di Kompleks PLBN Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Pos Komando Utama Satgas Pamtas Yonif 132/BS yang dipimpin oleh Wadansatgas Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa, S.E., S.Hub.Int., M.I.Pol., M.H.,9 M.M. berhasil mengamankan seorang WNA PNG yang melakukan tindakan pencurian di Pasar Skouw.

READ ALSO : Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Dan Bea Cukai Wilker Skouw Gagalkan Transaksi 1.838 Gram Ganja Di Perbatasan RI PNG

Hal tersebut bermula ketika Pos Komando Utama yang didatangi oleh warga setempat yang melaporkan bahwa telah terjadi aksi pencurian oleh WNA PNG yang sedang berbelanja di pasar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, 1 tim patroli yang dipimpin oleh Serda Ainul Jaya berangkat ke lokasi kejadian dan mengamankan pelaku serta barang bukti.

Beruntung masyarakat sekitar lokasi tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, karena masyarakat yang ada di Kampung Skouw paham akan hukum dikarenakan personel dari Pos Komando Utama sering kali memberikan penyuluhan tentang hukum.

Pelaku pencurian dengan inisial T (37) merupakan WNA asal PNG yang tinggal di Kota Lumi, ketika dimintai keterangan pelaku menyeberang ke Indonesia dengan alasan berbelanja kebutuhan pokok.

“Peristiwa ini menunjukkan suatu nilai yang positif bagi kami karena masyarakat sangat percaya kepada kami. Selain itu juga sebagai bentuk nyata kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Perbatasan RI-PNG,” ungkap Wadansatgas.

READ ALSO : Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa Menutup Kejuaraan Menembak Pangdam Cup Tahun 2023

Setelah pelaku diamankan di Pos Komando Utama, sesuai dengan prosedur Serda Ainul Jaya berkoordinasi dengan pihak Imigrasi PLBN Skouw agar WNA PNG tersebut dikembalikkan ke negaranya dan diserahkan kepada pihak yang berwenang di PNG.

“Seluruh aparatur TNI-Polri dan instansi Pemerintah yang ada di PLBN Skouw senantiasa bersinergi dan berkomitmen bersama-sama menjaga pintu gerbang NKRI,” ujar Wadansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Tabloid Nusantara

Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *