Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaBUDAYALomba Ngrajang, Nganjang dan Ngelinting Ramaikan Festival Lembutan Bansari ke-3

Lomba Ngrajang, Nganjang dan Ngelinting Ramaikan Festival Lembutan Bansari ke-3

Temanggung, “Tabloidnusantara.com” – Puluhan petani tembakau dan pengunjung Festival Lembutan Bansari ke-3 mengikuti lomba merajang, nganjang dan ngelinting di hari terakhir festival lembutan yang berlangsung di Lapangan Siti Aji Desa/Kecamatan Bansari, Minggu (30/10/2022).

Ketua Panitia Festival Lembutan, Agus Zamroni mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan, bahwa tembakau lembutan bisa dinikmati oleh masyarakat di luar Kabupaten Temanggung, sekaligus menjadi flashmob kemeriahan festival.

BACA JUGA :

Festival Pelajar Nusantara, Ganjar Sampaikan Tiga Pesan Penting

Sejumlah remaja putri Nganjang (menata irisan daun tembakau) untuk dijemur saat Festival Lembutan #3 di kawasan lereng Gunung Sindoro Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022). Festival Lembutan #3 digelar masyarakat petani tembakau setempat untuk membangkitkan kembali budaya memproses tembakau secara tradisional sekaligus mempromosikan Lembutan (tembakau yang rajang tipis) untuk rokok Lintingan. | Foto: ANTARA/Anis Efizudin

“Untuk peserta lomba linting itu ada sekitar 50 orang dari luar Kabupaten Temanggung dan dilanjutkan ngelinting serentak yang dilakukan oleh pengunjung dan para petani. Hal ini juga menjadi salah satu kegiatan untuk mengenalkan tembakau lembutan Bansari kepada pengujung yang hadir dalam kegiatan,” katanya.

Kecepatan dan kerapian dalam ngerajang lembutan kemudian nganjang menjadi aspek penilaian dalam lomba yang berlangsung pada kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan, dalam produksi tembakau lembutan, tiap petani tembakau dalam panennya bisa menghasilkan kurang lebih dari 50 kg tembakau.

BACA JUGA :

BUAPATI JAYAPURA LAUNCING 3 IKON WISATA KAMPUNG UNIK

“Untuk produksi lembutan sendiri, dari petani sekitar 50 kg tiap panen,” ujarnya.

Sumber : https://jatengprov.go.id/

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments