KKB SANDERA PILOT SUSI AIR DI PERBATASAN NDUGA DAN LANNY JAYA

0
4509
KKB Sandera Pilot Susi Air Di Perbatasan Nduga Dan Lanny Jaya.

PAPUA, ‘”tabloidnusantara.com” – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri menyebutkan hasil pemetaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menyandera pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens, hingga kini masih berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya, Papua Pegunungan. Pernyataan Kapolda Papua ini sebagai hasil pelaksanaan operasi pencarian pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens yang telah lima bulan disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan bahwa satuan tugas gabungan TNI-Polri sempat diterjunkan ke suatu daerah yang berlokasi di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Pasukannya sampai di lokasi markas KKB, tetapi mereka hanya mendapati sisa-sisa kayu bakar yang berlum lama ditinggalkan. “Terakhir kami tiba di wilayah dengan ketinggian lebih dari 3.000 MDPL, masih ada sisa-sisa kayu bakar tapi mereka sudah tidak ada,” ujarnya di Jayapura, Kamis (15/5/2023).

READ ALSO : PRIORITASKAN KESELAMATAN SANDERA, APARAT KEAMANAN UTAMAKAN NEGOISASI DAN CERMAT DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KKB

Menurutnya, pasukan yang diterjunkan beberapa kali menemukan kondisi yang sama di beberapa lokasi yang berbeda. Pihaknya menyimpulkan bahwa Egianus dan kelompoknya sering berada di wilayah dataran tinggi. Namun, kadang mereka juga bergerak ke wilayah dataran rendah dengan beberapa tujuan yang belum dapat dipastikan. “Posisi Egianus dan kelompoknya tidak tentu, sering dia ada di daerah tinggi, kadang-kadang dia turun (di dataran rendah), kadang mereka berpencar,” kata Faizal. Ia pun mengakui bahwa lokasi pencarian Kapten Philip tidak mudah dijangkau dan membutuhkan upaya ekstra.

Setelah Satgas Damai Cartenz masuk ke Distrik Paro pada 14 Februari 2023, dipastikan Egianus dan kelompoknya sudah tidak berada di lokasi tersebut. Selain itu, wilayah Distrik Paro sudah dalam keadaan kosong karena warganya mengungsi ke Distrik Kenyam. Setelah itu Egianus Kogoya meminta tebusan berupa uang dan senjata api untuk membebaskan Kapten Philip.

READ ALSOALIRKAN DANA DESA KE KKB, BEBERAPA KEPALA KAMPUNG KAB.NDUGA JALANI PEMERIKSAAN

Kemudian Egianus diketahui sempat berada di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, pada akhir Februari 2023. Di lokasi tersebut, ia diduga membunuh anak seorang anak kepala kampung yang masih berusia 6 hingga 8 tahun karena ayahnya tidak mau memberi bahan makanan yang diminta oleh Egianus. Satu bulan kemudian , KKB menyerang pasukan TNI di Distrik Mugi dan mengakibatkan korban jiwa dan luka serta mendaptakan rampasan senjata dan munisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here