Jumat, April 19, 2024
BerandaEKONOMIJELANG RAMADHAN, SATGAS 123/RAJAWALI AJARKAN MEMBUAT MAKANAN TRADISIONAL KEPADA IBU-IBU DI...

JELANG RAMADHAN, SATGAS 123/RAJAWALI AJARKAN MEMBUAT MAKANAN TRADISIONAL KEPADA IBU-IBU DI PERBATASAN

PAPUA, “TABLOIDNUSANTARA.COM” – Bulan suci Ramadhan sebentar lagi, tentu bulan puasa identik dengan membuat makanan olahan, kue dan lainnya untuk menu berbuka.

Seperti Halnya yang dilakukan oleh anggota Pos Bupul 12 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW yang mengajarkan warga perbatasan membuat makanan pempek khas Palembang, Sabtu (02/04/2022).

Berbekal pengetahuan membuat Pempek dari orang tua, Prajurit Satgas Rajawali Serda Alga dan Praka Subehi yang berasal dari Sumatera Selatan ini mengajarkan Ibu-ibu Kampung Baidup Distrik Ulilin Kab. Merauke.

Dengan semangat dan antusias warga perbatasan menyimak tahapan demi tahapan yang di ajarkan oleh Prajurit Rajawali dan sesekali mereka mengeluarkan candaan sehingga suasana menjadi hangat.

Dijelaskan oleh Praka Subehi bahwa pempek adalah makanan khas Palembang, terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji sagu, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam yang disajikan dengan saus hitam. Dalam bahasa Palembang biasa disebut cuko.

BACA JUGA :

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN, SATGAS 123 RAJAWALI AJARKAN BUAT DODOL KEPADA MASYARAKAT PERBATASAN

Cuko terbuat dari air yang dimasak, kemudian ditambahkan bahan lainnya seperti gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam, pada awalnya cuko dibuat dengan rasa pedas, karena difungsikan sebagai penambah nafsu makan oleh masyarakat Palembang.

“Jenis pempek bervariasi, diantaranya kapal selam, lenjer, bulat, kulit ikan, pistel, telur kecil dan keriting,” jelas Praka Subehi.

Sementara itu, Dansatgas Pamtas RI-PNG mengatakan bahwa apa yang dilakukan Prajuritnya adalah wujud kepedulian dan perhatian kepada warga perbatasan. “Kegiatan ini juga bisa meningkatkan perekonomian warga jika ingin diaplikasikan dalam dunia usaha,” ucap Dansatgas.

“Kegiatan ini juga meningkatkan tali silaturrahmi yang baik antara Prajurit Satgas dan warga sehingga akan memperkokoh persatuan dan kesatuan di Tapal Batas NKRI,” tambahnya.

Sementara itu, Ibu Juriah (52), warga Kampung Baidup menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali, khususnya personel Pos Bupul 12 yang selalu berbagi ilmu dan pengetahuan.

BACA JUGA :

LAPAK GANJAR “UMKM”, MADU BOROBUDUR TEMBUS PASAR INTERNASIONAL SWIISS

“Terima kasih bapak TNI atas ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan kepada kami,” ucap Ibu Juriah.

Usai pelaksanaan masak memasak, Prajurit Satgas dan warga makan bersama menikmati yang telah dibuat bersama sama.

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments