Selasa, Mei 28, 2024
BerandaHANKAMJelang HUT ke 62, Korem 163/Wira Satya Gelar Upacara Penjamasan Duaja

Jelang HUT ke 62, Korem 163/Wira Satya Gelar Upacara Penjamasan Duaja

Denpasar, “TABLOIDNUSANTARA” – Keluarga Besar Korem 163/Wira Satya melaksanakan Upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya, di Pura Gunung Kawi, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, pada Senin (20/2/2023).

Penjamasan atau penyucian Duaja Korem 163/Wira Satya tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 62, dengan mengusung tema “Korem 163/Wira Satya Bersama Masyarakat Mewujudkan Transformasi Ekonomi Bali Yang Hijau, Tangguh dan Sejahtera”.

Saat menghadiri acara tersebut, Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., didampingi Para Perwira Staff dan juga Anggota Makorem. Sementara prosesi acara penjamasan dipimpin oleh Pinandita Jero Mangku Wirawan yang merupakan Pinandita atau Pemangku Pura Gunung Kawi, Tampaksiring.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan bahwa Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya tidaklah semata-mata hanya sebagai kegiatan tradisi atau rangkaian seremonial saja, namun terkandung makna dan tujuan menyucikan Duaja dengan memohon bimbingan dan petunjuk serta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Dhuaja Korem 163/Wira Satya menggunakan Lambang Marakata yaitu Penguasa atau Raja Bali yang tempat pemujaannya di Pura Gunung Kawi yang sangat kita sucikan ini. Prabu Marakata merupakan putra kedua Raja Udayana sebagai seorang figur pemimpin yang terkenal pada zaman kerajaan terdahulu baik di Bali maupun di Nusa Tenggara,” jelas Danrem.

Lebih lanjut, Danrem berharap dengan memahami dan meneladani kepemimpinan Prabu Marakata selaku pewaris tahta Raja Udayana, diharapkan seluruh prajurit Korem 163/Wira Satya memiliki semangat juang, jiwa ksatria, waspada dan bijaksana, sehingga persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Bali yang selama ini terpelihara dengan baik dapat dipertahankan sampai kapanpun.

“Di era saat ini, sifat-sifat keteladanan tersebut diwujudkan dengan berbagai bentuk kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat untuk bersinergi mengisi pembangunan. Jalinan yang telah berjalan baik ini harus terus dipelihara, dilanjutkan dan ditingkatkan. Sehingga mampu mempertebal ikatan bathin Korem 163/Wira Satya dengan masyarakat Bali yang memiliki ikatan kekerabatan dengan para leluhur,” ujarnya.

Mengakhiri sambutanya, Danrem menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan Penjamasan Dhuaja Korem 163/Wira Satya, utamanya kepada tokoh agama, tokoh adat, dan tentunya masyarakat pengempon Pura Gunung Kawi yang telah membantu kelancaran dan kemudahan kegiatan ini.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Korem 163/WSA, Para Kepala Seksi Korem 163/WSA, Komandan/Kepala Balak Aju Korem 163/WSA, Para Komandan Kodim Jajaran Korem 163/WSA, Prebekel/Kepala Desa Dan Kelian Banjar Tampaksiring, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 163/WSA, serta Pinandita dan Pemuka Desa Adat Pura Gunung Kawi. (Penrem 163/WSA)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments