Minggu, Juni 23, 2024
BerandaHANKAMHadapi G20, Kodam IX/Udayana Matangkan Kesiapan Dengan Kembali Gelar TFG

Hadapi G20, Kodam IX/Udayana Matangkan Kesiapan Dengan Kembali Gelar TFG

Denpasar, “tabloidnusantara.com” – Dalam rangka Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) menjelang perhelatan Presidensi G20, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., kembali memimpin kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Satgas Pamwil dan Evakuasi yang dilaksanakan di GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, pada Jumat (4/11/2022).

Selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil), Pangdam dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan TFG ini merupakan bagian dari kesiapan Satgas Pamwil maupun Satgas Evakuasi sebelum pelaksanaan TFG tingkat Mabes TNI yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 November mendatang yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI.

“Walaupun kita sebelumnya sudah pernah melaksanakan satu kali TFG, namun saya berharap TFG yang saat ini kita gelar agar dimanfaatkan untuk pematangan, sebab informasi-informasi terkait perkembangan kondisi dan situasi yang saat ini diperoleh lebih lengkap dibandingkan dengan saat TFG yang lalu,” jelas Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan bahwa dalam TFG ini akan disimulasikan melalui Olah Yudha, alur kedatangan delegasi VVIP dari Bandara menuju ke tempat penginapan maupun ke seluruh venue. Pangdam juga menginformasikan bahwa nantinya akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan oleh Mabes TNI, sehingga dapat lebih dini dimatangkan pada TFG tersebut.

“Maka di TFG inilah kita bisa mengetahui celah-celah mana yang sekiranya belum tertutupi, serta hal-hal atau faktor-faktor kritis yang perlu kita pecahkan bersama solusinya, sehingga saya menekankan kepada seluruh peserta agar dapat melaksanakan TFG ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab. Selamat berlatih,” demikian tegas Pangdam.

Kegiatan TFG dilanjutkan dengan penjelasan update perkembangan situasi di wilayah Bali dan sekitarnya oleh Asintel Kasdam IX/Udayana. Sedangkan, Asops Kasdam IX/Udayana menjelaskan tentang update konsep operasi dan pembagian tugas. Sementara dari BMKG Bali memaparkan terkait update situasi potensi bencana alam. Kemudian, dilaksanakan Olah Yudha yang merupakan inti dari kegiatan tersebut.

Hadir juga dalam kegiatan TFG tersebut diantaranya Danpuslat Kodiklat TNI (Wadirlat), Kasdam IX/Udayana (Dansatgas Evakuasi), Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA (Wadansatgas Pamwil), Sahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Para Kasi Kasrem 163/WSA, serta para undangan pejabat terkait lainnya yang terlibat dalam Satgas Pamwil dan Evakuasi KTT G20. (Pendam IX/Udy)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments