Senin, Mei 20, 2024
BerandaHANKAMDIDUGA KUAT BANTU KSTP, 5 WARGA SIPIL DIAMANKAN APARAT

DIDUGA KUAT BANTU KSTP, 5 WARGA SIPIL DIAMANKAN APARAT

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Lima warga sipil diamankan Kepolisian Resort Nduga pada Minggu (17/9/2023) karena diduga kuat membantu pergerakan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Egianus Kogoya. Mereka diamankan di salah satu rumah di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kabag Ops Polres Nduga, AKP Bayu Pratama Sudirno mengatakan penangkapan terhadap lima warga sipil tersebut dilakukan setelah mendapat informasi akurat terkait keterlibatan mereka dalam mendukung pergerakan kelompok Egianus Kogoya.

READ ALSO : CIPTAKAN KERUSUHAN, KSTP BAKAR PASAR DAN KIOS RAKYAT

“Penangkapan dilakukan oleh personel Sub Satgas Gakkum Damai Cartenz wilayah Nduga di rumah Bapak Zakeus Kogoya, sekitar pukul 21.00 WIT. Kelima orang tersebut terindikasi kuat telah berkomunikasi dengan Army Kogoya pada tanggal 5 September lalu. Mereka memberitahukan ke KSTP untuk mundur karena ada aparat yang naik ke pinggir kali,” ungkap, AKP Bayu, Senin (18/92023).

Penghuni rumah sempat memberikan perlawanan saat dilakukan penangkapan. “Sempat ada penolakan dari penghuni rumah. Ada cekcok mulut sampai aksi dorong pintu oleh aparat. Namun, setelah kami jelaskan akhirnya kelima warga tersebut berhasil kita amankan,” jelas AKP Bayu.

Penangkapan terhadap lima warga tersebut guna menggali informasi terkait pergerakan KSTP kelompok Egianus Kogoya yang saat ini sedang menahan pilot Susi Air sejak 7 Februari 2023 lalu.

“Kita sudah meminta keterangan dan salah satu dari mereka mengaku ikut terlibat dengan KSTP Egianus. Pengakuan tersebut juga diperkuat dengan adanya foto dari telepon genggam pelaku yang disita,” jelas Bayu.

READ ALSO : KAPOLDA PAPUA BANTAH KSTP KUASAI OKSIBIL

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments