Bakar Batu Tradisi Kearifan Lokal, Satgas Yonif 405/SK, Bersama Masyarakat Sambut Natal - https://tabloidnusantara.com/

Bakar Batu Tradisi Kearifan Lokal, Satgas Yonif 405/SK, Bersama Masyarakat Sambut Natal

Mimika, “tabloidnusantara.com” – Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal, prajurit Pos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW bersama masyarakat melaksanakan acara bakar batu di lapangan Omponi, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, Sabtu (3/12/2022).

Danpos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Tukiran mengatakan, kegiatan bakar batu dimulai dengan memasak daging dan sayuran hasil bumi yang dibakar di atas batu, dilanjutkan ibadah dan makan bersama.

Hadir pada acara tersebut Kepala Kampung Aroanop Deteminus Beanal, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, prajurit Satgas Yonif 405/SK serta masyarakat dari Kampung Aroanop, Anggigi dan Omponi.

BACA JUGA : 

Kasdam XVII/Cenderawasih Kunjungi Pabrik PT. Bintang Papua Perkasa Dan Ikuti Donor Darah

“Acara bakar batu digelar di lapangan Ombani, sekitar 75 meter di depan Pos Satgas Yonif 405/SK. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh masyarakat setiap tahunnya untuk menyambut perayaan Natal yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember nanti,” jelas Danpos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Tukiran.

“Dengan memegang teguh tradisi serta menjaga kearifan lokal, kita eratkan persaudaraan dan tingkatkan kebersamaan. Sehingga diharapkan semua kegiatan bisa berjalan lancar, aman, tanpa ada kendala dan gangguan apapun,” imbuhnya.

Sementara itu Bapak Moses selaku tokoh masyarakat mengungkapkan, tradisi bakar batu tersebut sebagai rasa syukur, rasa kebersamaan dan kekeluargaan mengawali bulan Desember yang dimaknai sebagai bulan kasih.

BACA JUGA : 

Satgas Yonif 143/TWEJ Berikan Sembako Jelang Peresmian Gereja Di Pegunungan Bintang

“Acara bakar batu dan perayaan Natal setiap tahun memiliki arti yang banyak, antara lain perasaan suka cita, kedamaian dan pengharapan keselamatan,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Tabloid Nusantara

Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *