YAKINKAN AMAN DARI PERETAS, MENKOINFO AJAK MASYARAKAT INSTAL APLIKASI “PEDULILINDUNGI” UNTUK PUTUS PENYEBARAN COVID-19

0
22
Aplikasi PeduliLindungi

JAKARTA, “tabloidnusantara.com“. – Untuk membantu tugas pemerintah dalam mengatasi penularan dan peyebaran Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, membuat aplikasi PeduliLindungi untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Penjelasan tentang aplikasi PeduliLindungi seperti yang dicantumkan dalam aplikasi tersebut menjelaskan bahwa PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease 19. Aplikasi ini mengandalkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

PeduliLindungi adalah aplikasi buatan anak negeri yang beroperasi dengan menggunakan bluetooth untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Aplikasi PeduliLindungi bekerja dengan menggunakan cara tracking, tracing, dan fencing untuk mendeteksi pergerakan seseorang positif Covid-19 secara historis. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Hal ini akan sangat membantu pengguna untuk melakukan protokol kesehatan dan mengingatkan pengguna mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja yang bersangkutan melakukan kontak. Pengguna aplikasi ini juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita Covid-19 positif, PDP, dan ODP.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Sumber Gambar covid19.go.id

Berita sebelumnya yang beredar bahwa aplikasi PeduliLindungi rentan terhadap peretas (hacker) dibantah dengan tegas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam keterangan resminya Sabtu (18/4) sore, di gedung BNPB Jakarta. “Aplikasi ini aman dan dikembangkan oleh anak bangsa sendiri, terkait data pribadi keamanannya dijamin dan telah dilindungi melalui Surat Keputusan Menteri Nomor 171 Tahun 2020. Semua pihak yang mengelola aplikasi tersebut diwajibkan untuk melakukan pembersihan data saat kondisi darurat kesehatan pandemi Covid-19 telah berakhir,” tegas Menkoinfo.

Oleh karena itu Menkoinfo meminta kepada masyarakat, terutama ASN, TNI, Polri serta pegawai BUMN agar secepatnya bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi di ponsel pintarnya masing-masing karena aplikasi ini sudah bias didownload di Play Store dan App Store. Menurut data Kominfo, aplikasi tersebut sudah dipasang oleh 1.915.874 pengguna di ponsel, demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Menurut Kominfo, semakin banyak orang yang memasang aplikasi PeduliLindungi, semakin tinggi pula tingkat akurasi deteksi penyebaran virus corona sehingga akan membantu menanggulangi sebaran Covid-19 di Indonesia.

Sumber Berita: covid19.go.id dan Play Store

Tinggalkan Balasan