UPDATE KASUS POSITIF COVID-19 DI INDONESIA JUMAT 17 APRIL 2020 SEBANYAK 5.923, SEMBUH 607 DAN MENINGGAL 520

0
13
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di gedung BNPB Jakarta, mengatakan bahwa update hingga Jumat (17/4) terdapat penambahan 407 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 5.923 kasus. Dari data tersebut, jumlah yang meninggal juga bertambah sebanyak 24 orang, sehingga jumlah total menjadi 520 orang. Sedangkan pasien yang sembuh bertambah 59 orang, sehingga jumlah total menjadi 607 orang.

“Seluruh provinsi di tanah air sudah terdampak ada 34 provinsi dan kabupaten/kota terdampak ada 214 kabupaten,” lanjut Yuri Jumat (17/4) sore. Menurut Yuri, bila diperhatikan, sebaran pasien sembuh terbanyak ada di DKI Jakarta 204 pasien, Jawa Timur 94 pasien, Sulawesi Selatan 43 pasien, Jabar 41 pasien, Bali dan Jateng masing-masing 36 pasien.

Yuri menyatakan bahwa data ini menjadi gambaran bahwa penularan masih terus terjadi. “Karena ini adalah bencana nasional maka mari berpartisipasi lebih banyak dan lebih serius, pastikan kita tidak tertular dan tidak menulari, mari kita sebarluaskan dan laksanakan penggunaan masker, maskerku melindungi kamu dan maskermu melindungi aku,” tegas Yuri.

Sebelumnya, Achmad Yurianto juga menjelaskan bahwa pemerintah bekerja berdasarkan prioritas untuk mengatasi pandemi Covid-19 yaitu prioritas kesehatan dan prioritas dampak yang dimunculkan diluar kesehatan. Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 bekerja berdasarkan kepada 6 arahan presiden dalam penanganannya.

Infografis Covid-19 Di Indonesia. Sumber Gambar covid.go.id

Sementara itu Yuri juga memaparkan tentang kesiapan laboratorium yang sudah aktif per hari ini berjumlah lebih dari 34 laboratorium, Spesimen yang sudah diperiksa mencapai lebih dari 42 ribu dari lebih 37 ribu kasus. Hasil positif berjumlah 5.923 orang dan hasil negatif 31.211 orang. Kemudian kewaspadaan terhadap ODP berjumlah 173 ribu dan PDP berjumlah 12.610.

Selain itu Yuri juga mengajak masayarakat untuk menghargai dan membantu masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri dan menghimbau agar tidak diskriminasi terhadap pasien Covid-19 yang sudah sembuh serta mengajak masyarakat untuk tidak menolak jenasah pasien Covid-19. “Tunjukankanlah bahwa ini adalah hakekat jatidiri sebagai bangsa Indonesia yang memiliki nilai nilai kemanusiaan yang luhur,” tegas Yuri.

Di akhir penjelasannya Yuri mengajak kepada masayarakat untuk melawan Covid-19 dengan meningkatkan imunitas, makan yang bergizi, sabar dan tenang, istirahat yang cukup dan teratur, tidak panik dan jaga hati, supaya tetap gembira, menjaga jarak, memakai masker, menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci dengan sabun dengan air mengalir.

Sumber Berita : covid19.go.id dan kemkes.go.id

Tinggalkan Balasan