TOTAL KASUS POSITIF COVID-19 INDONESIA 1.528, SEMBUH 81 DAN MENINGGAL 136

0
69
Achmad Yurianto

JAKARTA, “tabloidnusantara.com.” – “Terdapat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 114 kasus, sehingga jumlah total kasus positif menjadi 1.528 kasus, sedangkan pasien sembuh bertambah 6 orang, sehingga jumlah total pasien sembuh menjadi 81 orang, sedangkan untuk kasus meninggal bertambah 14 orang sehingga jumlah total menjadi 136 orang,” terang Achmad Yurianto dalam konferensi persnya di gedung BNPB, Selasa (31/3) sore. Data yang dipaparkan Yuri dikumpulkan terhitung mulai Senin tanggal 30 Maret 2020 pukul 12.00 WIB sampai dengan Selasa tanggal 31 Maret 2020.

BACA JUGA : BERLAKUKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR TANGANI COVID-19, PEMERINTAH SIAPKAN BANTUAN UNTUK MASYARAKAT LAPISAN BAWAH

Sebelum menyampaikan data tersebut, Yuri menjelaskan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia. Sesuai kebijakan pemerintah, pihaknya telah melakukan penelusuran kasus-kasus positif di masyarakat dengan melakukan pemeriksaan, pengumpulan spesimen, mengujinya dan secara serius melakukan penanganan kasus serius di berbagai rumah sakit di Indonesia, baik rumah sakit pemerintah, BUMN dan rumah sakit TNI/Polri.

Pendistribusian alat-alat pendukung dalam penanganan Covid-19 juga sudah direalisasikan. “APD sejumlah 191 ribu dan masker bedah sudah lebih dari 12 juta telah didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19, sedangkan masker N95 dengan jumlah  lebih dari 133 ribu juga sudah disistribusikan ke masyarakat,” papar Yuri.  Yuri menambahkan bahwa seluruh rumah sakit rujukan disiapkan dan rumah sakit darurat yang melakukan kegiatan rawatan Covid-19 sudah diaktifkan. “Ratusan ribu rapid diagnostic test untuk screening juga sudah dibagikan dan didistribusikan,” tambahnya.

5 Langkah Mencuci Tangan. Sumber Gambar http://www.p2ptm.kemkes.go.id/

Keterlibatan semua unsur juga ditunjukkan oleh adanya 7 provinsi dan 41 kabupaten kota yang telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah covid-19. 16 provinsi dan 86 kabupaten kota telah membentuk gugus tugas penanganan wabah covid-19. “Dengan adanya kondisi ini pemerintah tetap konsekuen dan bersungguh-sungguh untuk memutus penularan ini,” tegas Yuri

BACA JUGA : TAMBAHAN 130 ORANG, KASUS POSITIF COVID-19 INDONESIA CAPAI 1.285

Yuri juga mengatakan bahwa kunci keberhasilan penanggulangan Covid-19 ini terletak pada setiap individu untuk menjaga jarak dalam berkomunikasi dan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun. ”Terbukti secara ilmiah bahwa penggunaan sabun ini akan menghancurkan virus itu. Oleh karena itu sebelum menyentuh wajah, sebelum makan, sebelum menyentuh mulut, pastikan tangan kita telah dicuci dengan bersih dengan menggunakan sabun setidaknya 20 detik,” imbuhnya.

“Jadilah pahlawan, lindungi diri anda, lindungi keluarga anda, lindungi tetangga anda maka inilah cara yang paling benar untuk menlindungi bangsa kita. Saya yakin, saya optimis, kita secara bersama sama akan mampu melaksanakan ini, Indonesia pasti bisa,” ajak Yuri mengakhiri konferensi persnya.

Sumber berita: Kompas TV dan kemkes.go.id

Tinggalkan Balasan