TINGKATKAN KEMAMPUAN, BEKANGDAM CENDERAWASIH GELAR LATIHAN

0
18
Anggota Bekangdam XVII/Cenderawasih saat melaksanakan simulasi latihan menggunakan Landing Craft Rubber (LCR) (Dok : Pendam XVII/Cenderawasih)

Untuk menjaga serta meningkatkan kemampuan Prajuritnya, Kompi Angkutan Air Bekangdam XVII/Cenderawasih melaksanakan latihan di Denjasa Ang XVII/44/13, Weref, Jayapura, pada selasa (6/10)

Latihan yang dilaksanakan oleh Satuan Kompi Angkutan Air Bekangdam XVII/Cenderawasih berlangsung selama 3 hari dan materi latihan yang dilaksanakan antara lain: pengoperasian LCR, Sea Rider, dan KMC Komando.

Baca Juga : UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT MALARIA DAN DBD, PENDAM CENDERAWASIH LAKUKAN FOGGING

Dalam pembukaan latihan tersebut, Kabekangdam XVII/Cenderawasih Kolonel Cba Usep Rakhmat S.IP, M.Si selaku pimpinan latihan mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan secara perorangan maupun kelompok yang nantinya akan dihadapkan dengan tuntutan profesionalisme prajurit dan kesiapan satuan dalam mendukung tugas pokok satuan Kodam XVII/Cenderawasih.

Baca Juga : SSB MAC ARTHUR JUARA UMUM PIALA PANGDAM XVII/CENDERAWASIH

“Latihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dan mengkaderisasi prajurit Denjasa Ang XVII-44-13 dalam mengoperasionalkan alat transportasi air yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu juga melatih para prajurit untuk mempedomani ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan dan larangan-larangan yang harus dihindari dalam pelaksanaan tugas, sehingga dalam pelaksanaan tugas yang sebenarnya tidak sampai terjadi kesalahan bahkan kegagalan,”ucap Kabekang.

Selanjutnya Kabekang juga menekankan agar dalam latihan tersebut tetap mengutamakan faktor keamanan, baik itu personil maupun materiil.

“Selalu menjaga faktor keamanan saat melaksanakan latihan, baik itu keamanan dari segi personil maupun materil,”tegas Kabekang.

Sementara itu, perlu diketahui dalam kegiatan latihan operasional alat angkutan air yang dilaksanakan prajurit Bekangdam XVII/Cenderawasih menggunakan 1 unit Landing Craft Rubber (LCR), 1 unit Kapal Motor Cepat (KMC) Sea Rider dan KMC Komando. LCR dan KMC Sea Rider merupakan materiil utama yang saat ini dimiliki oleh satuan Bekangdam XVII/Cenderawasih dalam melaksanakan fungsi angkutan air yang dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang seperti Penanggulangan bencana banjir.

Dalam pelaksanaan latihan yang diselenggarakan, prajurit Bekangdam XVII/Cenderawasih tetap mempedomani protokol kesehatan dalam penanganan Covid 19.

(Nat/Adm)

Tinggalkan Balasan