TAMBAHAN 130 ORANG, KASUS POSITIF COVID-19 INDONESIA CAPAI 1.285

0
20
Achmad Yurianto. Sumber Gambar CNN Indonesia
Achmad Yurianto. Sumber Gambar CNN Indonesia

JAKARTA, “tabloidnusantara.com“. – Angka kasus positif penularan Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Total per 29 Maret 2020 terdapat 1.285 dari penambahan sejumlah 130 kasus. Sedangkan untuk pasien sembuh menjadi 64 orang dari penambahan 5 pasien sembuh. Namun angka pasien yang sembuh masih kalah dibanding pasien yang meninggal dunia. Dalam data yang disebutkan Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, mengkonfirmasi adanya tambahan sebesar 12 orang yang meninggal, sehingga jumlah total pasien meninggal menjadi 114 orang.

Achmad Yurianto dalam Konferensi pers yang dilaksanakan Minggu (29/3) sore menyampaikan bahwa data yang dikumpulkan mulai hari Sabtu 28 Maret 2020 pukul 12.00 WIB sampai dengan Minggu 29 Maret 2020 pukul 12.00 WIB tersebut menunjukkan bahwa penambahan kasus positif dari hari ke hari menunjukkan masih adanya sumber penularan di tengah-tengah masyarakat, masih ada kasus positif yang belum melaksanakan isolasi, masih ada penularan karena kontak dekat dan masih ada yang belum rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. “Oleh karena itu saya minta kepada masyarakat seluruhnya bahwa kembali lagi jaga jarak di dalam berkomunikasi sosial, baik dengan orang di luar rumah ataupun yang di dalam rumah dan upayakan tetap di rumah,” tegas Yuri.

Kemudian Yuri melanjutkan bahwa, apabila terpaksa sekali berada di luar rumah maka jaga jarak, hindari kerumunan, kemudian gunakan masker manakala terpaksa harus berada dalam suatu kerumunan orang yang demikian banyak. “Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh wajah, karena infeksi penularan ini cukup banyak terjadi, ” tegas Yuri.

Situs Informasi Resmi Covid-19. Sumber Gambar Kemenkes.

Dalam berkomunikasi disarankan juga untuk mempraktekkan etika pada saat batuk dan bersin, memakai masker atau menggunakan sarung tangan. Selain itu hendaknya tetap aman dan produktif di rumah, saling menjaga diantara sesama anggota keluarga. “Jangan sampai yang sehat menjadi sakit, kita pertahankan yang sehat tetap sehat, kita upayakan yang mulai sakit untuk tidak menjadi sakit dan tetap berada dalam posisi yang sehat dengan pola hidup bersih sehat, asupan gizi yang cukup dan istirahat yang teratur,” tegas Yuri lagi.

Diakhir penjelasannya Yuri mengajak masyarakat untuk sama-sama melindungi yang saki dan diarahkan supaya bisa dilayani, dirawat dengan baik, sehingga menjadi cepat sembuh. “Lakukan semua dengan disiplin, mari kita menjadi pahlawan untuk melindungi diri, untuk melindungi orang lain, dan untuk melindungi seluruh bangsa, kami yakin, kami optimis pasti kita akan bias,” ajak Yuri menutup konferensi persnya kali ini.

Sumber berita kemkes.go.id dan Kompas TV

Tinggalkan Balasan