SABTU 11 APRIL 2020 JUMLAH KASUS POSITIF COVID-19 DI INDONESIA MENINGKAT MENJADI 3.842 ORANG, SEMBUH 286 ORANG DAN MENINGGAL 327 ORANG

0
466
Achmad Yurianto. Sumber Gambar Kompas TV
Achmad Yurianto. Sumber Gambar Kompas TV

JAKARTA, “tabloidnusantara.com“. – Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa terdapat penambahan kasus positif terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia sebanyak 330 kasus terhitung mulai hari Jumat 10 April 2020 pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Sabtu 11 April 2020 pukul 12.00 WIB. “Sebanyak 330, sehingga jumlah menjadi 3.842 kasus. Terdapat 4 pasien sudah sembuh, sehingga total menjadi 286 kasus. Terdapat 21 kasus pasien yang meninggal dari konfirmasi Covid-19 positif sehingga menjadi 327 orang,” kata Yurianto dalam konferensi pers di gedung BNPB Jakarta, Sabtu (11/4) sore. Menurut Yuri penambahan ini adalah gambaran bahwa penyebaran Covid-19 masih terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Jumlah Terpapar Covid-19 di Indonesia. Sumber Gambar covid19.go.id

Sebelum mengumumkan update terbaru penambahan kasus, Yurianto menyampaikan bela sungkawa kepada korban Covid-19. Yuri juga menegaskan bahwa protokol tentang penguburan jenasah telah dibuat sesuai edaran kementerian agama dan aturan Fatwa MUI No 8 tahun 2020. “Pengurusan jenasah yang terpapar Covid-19 telah dilakukan sesuai dengan protokol medis yang ada dan dilakukan oleh pihak-pihak yang telah terlatih dan berwenang untuk melakukan itu. Oleh karena itu diharapkan tidak ada alasan oleh masyarakat untuk takut bahkan menolak tentang hal ini,” tegas Yuri. Menurutnya pemerintah berupaya melindungi semuanya dan bersungguh sungguh untuk penatalaksanaan jenasah yang sebaik-baiknya.

Yurianto juga memaparkan bahwa, per 11 April 2020 sudah hampir 20 ribu sampel yang diperiksa di 40 laboratorium di seluruh Indonesia, baik di Jakarta sampai daerah. “Ini upaya menegakkan diagnosa dengan pasti melalui pemeriksaan PCR real time yang menjadi standar dunia untuk menegakkan diagnosa konfirmasi Covid-19,” katanya.

Kemudian Yuri juga menginformasikan bahwa lebih dari 790 ribu APD medical great, kualitas premium yang ditujukan untuk melindungi seluruh tenaga kesehatan telah diadakan dan dibagikan ke seluruh Indonesia.  Sementara itu sejumlah lebih 18 ribu relawan tenaga medis maupun non medis sudah tercatat dan mendaftarkan diri untuk menjadi relawan dalam mengatasi Covid-19. Sedangkan Gugus Tugas telah menerima Donasi sebanyak 194 Miliar untuk digunakan dalam kepentingan penanganan penyebaran Covid-19.

Dalam bidang pendidikan dan keuangan, pemerintah melalui kementerian pendidikan akan mengadakan program belajar dari rumah yang akan tayang di TVRI mulai tanggal 13 April 2020 sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa, guru dan orang tua. Sedangkan kementerian keuangan juga telah menambahkan jumlah penerima bansos program kartu sembako menjadi 20 juta penerima. “Namun upaya ini bukan satu satunya solusi, karena penyakit menular basuis penangannnya harus pada komunitas atau masyarakat untuk memutuskan rantai penularan,” tegas Yuri

Ia pun mengingatkan masyarakat untuk berkontribusi dengan tetap di rumah agar tidak terjadi paparan virus yang lebih banyak lagi. Laksanakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik dan sesering mungkin. Gunakan masker dan hindari kerumunan. Tetap jaga jarak setidak tidaknya 2 meter.

“Lawan Covid dengan meningkatkan imunitas diri, makan yang bergizi dan seimbang, hati selalu gembira, sabar dan tenang, istirahat cukup dan olah raga teratur,” ajak Yuri

Sumber Berita CNBC Indonesia, covid19.go.id dan kemkes.go.id

Tinggalkan Balasan