PRESIDEN JOKO WIDODO RESMIKAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA)

0
48
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport

YOGYAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Jumat (28/8/20) mampu mendongkrak pariwisata Jawa Tengah, terutama kawasan objek wisata Candi Borobudur.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, Bandara Yogyakarta International Airport dikerjakan dengan waktu yang cepat, yakni sekitar 20 bulan. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun bandara tersebut sebesar Rp11,3 triliun.

BACA JUGA : PERINGATI HARI AIR DUNIA, DANDIM MERAUKE IKUTI PENANAMAN POHON MANGROUF DI PESISIR PANTAI

“Dibanding bandara lama, bandara ini memiliki banyak kelebihan. Panjang runway 3.250 meter yang bisa didarati pesawat besar seperti Airbus A380 dan Boeing 777. Pesawat gedhe-gedhe bisa mendarat di sini,” kata dia.

Kapasitas penumpang lanjut Jokowi juga lebih besar dari bandara lama. Jika di Bandara Adisudjipto hanya bisa menampung sekitar 1,6 juta orang penumpang, di bandara baru ini bisa menampung 20 juta orang penumpang.

“Ini besar sekali, tugas kita bersama-sama bisa mendatangkan 20 juta (orang penumpang) itu. Ini bukan tugas yang ringan,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan, pembangunan Bandara Yogyakarta menggunakan desain khusus. Bandara itu dibangun berkonsep tahan bencana, yakni tahan gempa hingga 8,8 skala richter dan bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

BACA JUGA : DISKUSI WEBINAR PILKADA PAPUA, MEWUJUDKAN PILKADA BERINTEGRITAS DI PAPUA

“Ini bandara besar dan menurut saya terbaik. Saat ini memang sepi, tapi setelah vaksin Covid-19 ditemukan, saya yakin bandara ini menjadi bandara paling ramai,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan